Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Optimis Pemilih Capai 60 Persen Lebih

Kompas.com - 08/01/2008, 12:46 WIB

BEKASI, KOMPAS- Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Bekasi optimistis jumlah pemilih yang akan menggunakan hak pilih mereka pada pemilihan kepala daerah Kota Bekasi tanggal 27 Januari nanti lebih dari 60 persen dari keseluruhan pemilih terdaftar. Meski demikian, KPUD akan mendekati tokoh-tokoh agama dan ulama untuk mensosialisasikan pilkada ke masyarakat.

Hal itu dikatakan Ketua KPUD Kota Bekasi Achmad Hery dalam diskusi terbatas tentang pilkada langsung yang digelar Pemerintah Kota Bekasi bersama harian Pikiran Rakyat di Hotel Horison, Selasa (8/1).

Hery mengatakan, jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap berkisar 1,16 juta orang. Jumlah tersebut, menurut Hery, lebih sedikit sekitar 200.000 orang dibandingkan jumlah pemilih dalam DP4 yakni sekitar 1,8 juta orang. Sekitar 60 persen penduduk Kota Bekasi adalah pendatang yang bermukim di wilayah Kota Bekasi.

Hery optimis apabila tingkat partisipasi warga Kota Bekasi akan melampaui 60 persen, karena dalam pemilu 2004 jumlah warga yang menggunakan hak pilih mereka mencapai 70 persen. "Itu indikasi positif," kata Hery yang hadir sebagai salah satu pembicara dalam diskusi tersebut.

Pembicara lainnya, Adi Susila mengatakan, kecilnya partisipasi pemilih tidak harus dinilai negatif, namun dapat dijadikan koreksi bagi elit pejabat dan pemimpin agar mereka lebih memperhatikan kesejahteraan masyarakat. Pemilih yang menolak menggunakan haknya atas pemikiran tersebut merupakan golongan pemilih yang terdidik, rasional, dan cerdas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com