Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mochtar Dipastikan Jadi Wali Kota Bekasi

Kompas.com - 02/02/2008, 15:08 WIB

BEKASI, KOMPAS – Pasangan calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Bekasi nomor urut dua dalam Pilkada Kota Bekasi 2008, Mochtar Mohamad dan Rahmat Effendi, dipastikan terpilih sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Bekasi periode 2008-2013. Mochtar-Rahmat meraih 50,5 persen suara pemilih yang sah. Saat ini, Mochtar masih menjabat Wakil Wali Kota Bekasi.

Hasil tersebut dipastikan dalam rapat pleno penghitungan perolehan suara resmi yang dilakukan KPUD Kota Bekasi, Sabtu (2/2). Dari 729.388 suara sah hasil pemungutan suara hari Minggu (27/1) lalu, duet Mochtar-Rahmat yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Golkar dalam Koalisi Gotong Royong memperoleh 368.940 suara.

Sementara dua pasangan peserta pilkada Kota Bekasi lainnya, yakni Awing Asmawi-Ronny Hermawan (Partai Demokrat) dan Ahmad Syaikhu-Kamaludin Djaini (PK Sejahtera), masing-masing memperoleh 57.239 suara (7,8 persen) dan 303.209 suara (41,5 persen). Hasil penghitungan itu disetujui para perwakilan saksi dari ketiga pasang calon kepala daerah tersebut.

Rapat pleno penghitungan perolehan suara itu diwarnai aksi unjuk rasa puluhan orang yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Bekasi Menggugat. Aksi ini dilangsungkan di seberang Kantor KPUD Kota Bekasi dan berlangsung sekitar 30 menit. Para pengunjuk rasa menyatakan menolak hasil pilkada karena proses pilkada diwarnai kecurangan. Aksi tersebut tidak mengganggu jalannya rapat pleno hingga berakhir.

Ketua KPUD Kota Bekasi Achmad Herry mengatakan, KPUD akan menetapkan Mochtar dan Rahmat sebagai pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi terpilih, yang direncanakan diselenggarakan Minggu (3/2) besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com