Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busway Steril dari Kendaraan Umum

Kompas.com - 06/03/2008, 10:21 WIB

JAKARTA, KAMIS - Hari pertama perberlakuan larangan pemanfaatan jalur bus Transjakarta oleh kendaraan lain di beberapa ruas jalan protokol di Jakarta Pusat berjalan cukup efektif. Dari beberapa ruas jalan protokol yang diamati Kompas.com,Kamis (6/3) pagi, tidak terlihat satu pun kendaraan di luar bus Transjakarta yang melaju di jalur bus Transjakarta tersebut.

Contohnya di salah satu ruas jalan protokol yakni Jalan Merdeka Barat, Jakarta, tidak terlihat kendaraan pribadi maupun umum memasuki jalur bus Transjakarta.Kehadiran beberapa petugas kepolisian maupun Dinas Perhubungan DKI Jakarta turut membantu kelancaran arus lalu lintas.

Dua polisi lalu lintas dan satu petugas dinas perhubungan terlihat bertugas di salah satu jalur putaran balik kendaraan, tepatnya di depan Gedung Departemen Perhubungan untuk mengatur kelancaran bus Transjakarta dari kendaran-kendaraan lain yang menggunakan jalur tersebut. Adanya jalur putar balik kendaraan yang memanfaatkan sebagian koridor busway memungkinkan tersendatnya arus kendaraan, terutama saat bus Transjakarta melewati jalur tersebut dan pada waktu yang sama beberapa kendaraan ini memanfaatkan jalur tersebut untuk putar balik.

Kelancaran kendaraan dan juga ketertiban penggunaan juga terlihat di sepanjang Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, tepatnya di depan Gedung Balai Kota. Tidak terlihat satu pun kendaraan umum maupun pribadi yang menggunakan jalur bus transjakarta. Begitu pula di ruas jalan Majapahit dan Gajah Mada, Jakarta Pusat

Tanpa Separator Rawan Pelanggaran

Pemanfaatan jalur bus Transjakarta oleh kendaraan pribadi atau umum (di luar bus Transjakarta) masih terlihat di jalur busway tanpa separator (pembatas jalur busway). Seperti terlihat di sekitar Bundaran Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Beberapa kendaraan bermotor masih memanfaatkan jalus bus Transjakarta, terutama di sekitar perempatan lampu merah di sekitar Bundaran Patung Kuda.

Hal yang sama masih terlihat di sekitar perempatan Harmoni, Jakarta Pusat. Beberapa kendaraan bermotor terlihat melaju di jalur bus Transjakarta. Saat mulai memasuki jalur bus Transjakarta yang menggunakan separator, para pengendara memilih keluar dari jalur tersebut.(SMS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com