Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Balap Liar Membahayakan

Kompas.com - 01/06/2008, 00:56 WIB

JAKARTA, MINGGU-Sebagian penggemar-penggemar sepeda motor yang bergabung dengan perkumpulan atau club terkadang lebih memilih untuk konvoi mengelilingi wilayah Jakarta. Hal ini sering kita jumpai pada malam menjelang hari libur.

Yang sangat disayangkan mereka terkadang tidak menghiraukan keselamatan diri sendiri maupun orang lain, peraturan dan tata tertib dalam berlalu lintas, yang banyak dijumpai adalah mereka terkadang dalam mengendarai sepeda motor jarang terlihat memakai helm, berboncengan lebih dari 2 orang.

Kegiatan anak muda yang juga sering kita temui di sebagian jalan-jalan yang ada di Jakarta pada malam minggu adalah kegiatan balap liar, kegiatan ini tentunya sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain dan mengganggu arus lalu lintas karena dilakukan di jalan umum.

Kegiatan tersebut tentunya sangat berbahaya bagi diri sendiri karena joki dalam adu kecepatan ini tidak memenuhi standar seperti kegiatan balapan resmi, sang joki kadang-kadang hanya memakai helm tanpa menggunakan werpack dan tanpa sepatu khusus balap.

Sudah banyak sekali korban-korban yang meninggal dunia maupun yang luka parah dan harus diamputasi bagian tubuhnya akibat kecelakaan yang disebabkan balap liar, tapi resiko-resiko yang bisa berakibat fatal tersebut tidak dihiraukan oleh pembalap-pembalap liar.

Sering kali demi kelancaran kegiatan tersebut mereka juga tidak segan-segan untuk menutup / memblokir jalan, hal ini sangat membuat jengkel sebagian masyarakat yang akan melintas dijalan tersebut dan terpaksa harus mencari jalan alternatif lain untuk sampai ketempat tujuan.

Polisi Lalu lintas jajaran Dit lantas Polda Metro Jaya di bantu Petugas dari jajaran kewilayahan harus bekerja extra keras pada malam minggu, hal ini untuk mengantisipasi adanya kegiatan balap liar, balap liar biasanya dilakukan diatas jam 00.00 WIB.

Bagi masyarakat yang melihat kegiatan balap liar, atau kejadian-kejadian yang sekiranya membahayakan dan meresahkan warga, silahkan menginformasikan ke TMC (Traffic Management Centre) Dit Lantas Polda Metro Jaya melalui SMS ke 1717 atau ke telp 021-5276001.(TMC)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com