Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelandangan dan Pengemis Serbu Jakarta dan Bogor

Kompas.com - 03/09/2008, 06:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS — Kota Jakarta dan Bogor kembali diserbu gelandangan dan pengemis. Kehadiran para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) ini kembali marak saat memasuki bulan puasa hingga kemarin (2/9). Diperkirakan, jumlah mereka yang terdiri dari anak-anak, dewasa, dan orang usia lanjut ini semakin banyak sampai menjelang Lebaran.

”Saat ini kami perkirakan jumlahnya meningkat 20 persen dan akan naik lagi 20 persen menjelang Lebaran. Mereka datang dari luar Kota Bogor,” kata Kepala Seksi Penegak Perda Kota Bogor Dinas Satuan Pamong Praja Faridz Wahdy, kemarin.

Mereka menempati perempatan jalan, ikut masuk dalam angkutan kota sekitar pusat perbelanjaan, masjid, dan permukiman penduduk untuk mengais rezeki.

Ipul (11), pengamen anak dalam bus Koantas Bima 102 jurusan Ciputat-Tanah Abang, yang mengamen bersama empat anak lainnya mengatakan, dia baru dua minggu datang dari Indramayu. Namun, dia tidak mau bercerita lebih banyak lagi.

Sejumlah pengamen anak-anak yang berkeliaran di Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, langsung berhamburan setelah melihat seseorang yang memegang kamera. ”Lari...! Ada yang bawa kamera,” kata salah seorang pengamen perempuan.

Dinas Bina Mental Spiritual dan Kesejahteraan Sosial DKI Jakarta mencatat 53 daerah rawan PMKS. Ke-53 daerah itu tersebar di 10 daerah di Jakarta Pusat, 8 di Jakarta Utara, 9 di Jakarta Barat, 13 di Jakarta Selatan, dan 13 di Jakarta Timur. (RTS/PIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com