Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Asrori" Diduga Kuat Fauzin Suyanto

Kompas.com - 03/09/2008, 20:23 WIB

JAKARTA, RABU - Teka-teki mayat yang ditemukan di kebun tebu Desa Bandarkedungmulyo, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang selama ini diyakini sebagai Asrori alias Aldo, bakal segera terungkap. Dugaan sementara mengarah pada Fauzin Suyanto, warga Kelurahan Ploso, Kecamatan Kota, Nganjuk, Jawa Timur.

Untuk mengungkap identitas mayat di kebun tebu itu, polisi sekarang lebih mengarahkan penyidikan kepada keluarga Fauzin Suyanto. "Sekarang tinggal menunggu hasil tes DNA dari mayat yang ditemukan di kebun tebu (itu). Kalau keluarga Fauzin, sempel DNA-nya sudah kita ambil pada tanggal 19 Agustus lalu," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Abubakar Nataprawira, Rabu (3/9).

Seperti diberitakan, salah satu korban pembunuhan berantai oleh Very Idham Henyansyah alias Ryan yang disebut Mr X akhirnya dipastikan sebagai Asrori. Padahal, sebelumnya ada mayat korban pembunuhan yang juga sudah diidentifikasi sebagai Asrori alias Aldo. Dengan terungkapnya Mr X sebagai Asrori yang sesungguhnya, maka identitas mayat di kebun tebu yang sebelumnya diyakini sebagai Asrori itu kembali gelap.

Untuk itulah, polisi memeriksa DNA dari empat keluarga yang mengaku kehilangan keluarga. Salah satunya adalah keluarga Fauzin Suyanto.

Menurut keterangan Abubakar, empat keluarga yang melaporkan kehilangan anggota keluarganya sudah diambil sampel DNA-nya. Namun waktu itu dicocokkan dengan DNA Mr X yang menjadi korban Ryan dan dikuburkan di belakang rumah orang tuan Ryan. Dari empat orang itu tidak ada yang cocok. Setelah itu polisi melakukan tes DNA terhadap keluarga yang menguburkan jenazah Asrori di kebun tebu.

"Dari empat orang keluarga yang melaporkan kehilangan keluarga itu, ternyata dua di antaranya sudah ketemu. Mereka sudah balik ke rumah masing-masing. Sekarang tinggal dua orang, salah satunya adalah keluarga Fauzin. Nanti kita cocokkan, apakah DNA keluarga Fauzin identik dengan mayat yang ditemukan di kebun tebu atau tidak," jelasnya.

Meskipun belum ada hasil tes DNA, tapi keyakinan bahwa Asrori yang ditemukan di kebun tebu adalah Fauzin semakin menguat. Apalagi pihak keluarga mengakui banyak kesamaan ciri-ciri fisik antara Fauzin dengan mayat yang ditemukan di kebun tebu. Salah satu ciri yang diingat keluarganya dan cocok dengan mayat yang ditemukan di kebun tebu adalah luka bekas terkena knalpot dan susunan gigi yang tidak rata.

Selama ini, hasil penyidikan polisi menyatakan, mayat yang ditemukan di kebun tebu diyakini sebagai Asrori alias Aldo. Bahkan sudah ada dua orang yang dihukum sebagai pelaku pembunuhan Asrori, yakni Kemat dan Devid. Namun kemudian dimentahkan hasil tes DNA. DNA keluarga Asrori alias Aldo ternyata sama dengan jenazah Mr X korban Ryan yang jenazahnya dikubur di belakang rumah orang tua Ryan.

Polisi pun akhirnya membongkar kembali mayat yang ditemukan di kebun tebu dan telah dikuburkan oleh keluarga Asrori. "Mungkin sekitar tujuh hari lagi kita akan mendapat kepastian, apakah benar mayat di kebun tebu itu adalah Fauzin atau bukan. Sekarang kan sudah ada DNA pembandingnya. Kalau DNA keluarga Fauzin sama dengan mayat yang ditemukan di kebun tebu, berarti mayat itu adalah Fauzin," katanya. (persda network/sugiyarto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com