Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Tiba, Kos untuk Si Manis Jadi Primadona

Kompas.com - 24/09/2008, 07:21 WIB

BLACKY langsung berlari saat melihat Deni, perawat satwa di Pondok Pengayom Satwa (PPS), mendekati kandangnya. Ia bersembunyi di balik tempat pup-nya dan mengintip dengan tatapan tajam. Kucing Persia hitam itu baru 4 hari dititipkan tuannya. Blacky akan "indekos" di PPS hingga 5 Oktober mendatang.

Libur panjang, pada momen apa pun, biasanya membuat para pencinta binatang harus mencari tempat menitipkan hewan kesayangan mereka. Termasuk pada libur Lebaran ini. Di Jakarta, banyak tempat yang melayani jasa penitipan hewan. Dan kini, tempat itu menjadi primadona kala liburan tiba. Salah satunya PPS yang terletak di Ragunan, Jakarta Timur, tepatnya di Jalan Harsono RM no 10.

Direktur PPS Drh Hadi Wibowo bercerita, biasanya PPS mulai ramai menerima 'hewan kos' H-7 Lebaran. Per tanggal 25 besok, sudah banyak pemilik hewan yang booking kandang. Memang harus cepat jika ingin mendapatkan kandang permanen. Jika tidak, hewan akan mendapat tempat di kerangkeng atau kandang besi. Hewan yang dititipkan terbatas anjing dan kucing saja.

Sejumlah syarat-syarat penitipan juga harus dipenuhi pemilik, di antaranya mengetahui kondisi dan jenis makanan satwa di PPD, melengkapi satwa yang dititipkan dengan sertifikat vaksinasi asli dengan tanggal vaksinasi terakhir adalah 11 bulan hingga 7 hari sebelum hari penitipan. "Hewan yang dititipkan harus sehat, bebas kutu, dan telah divaksin lengkap. Kalau tidak ada catatan vaksinasi, risiko sakit akan lebih besar. Karena, saat dititipkan dan terpisah dari pemilik, sudah menjadi masalah sendiri bagi si hewan. Dia harus adaptasi dengan tempat yang berbeda, makanan beda, dan tidak ada kasih sayang pemilik. Semuanya berubah total. Jadi, harus dipastikan fisiknya juga sehat," urai Hadi.

Fasilitas yang diberikan pada hewan titipan adalah makan dua kali sehari (pukul 08.30 dan 15.30) dan kandang. Jika dititipkan lebih dari satu minggu, hewan akan dimandikan. Terdapat 24 petugas di PPS yang terdiri atas 3 orang dokter hewan dan 21 perawat, pemberi makan, dan petugas kebersihan yang siap melayani kebutuhan hewan titipan.

Selain hewan titipan, PPS juga merawat ratusan anjing dan kucing telantar. Karenanya, kapasitas yang tersedia bagi hewan titipan juga harus berbagi. Disediakan 43 kandang permanen dan 11 kerangkeng untuk anjing, serta 14 kandang permanen dan 16 kerangkeng untuk kucing. Kandang permanen berukuran sekitar 2 meter x 1,5 meter.

Adapun tarif penitipan hewan di PPS (per hari), untuk anjing dengan berat kurang dari 5 kg Rp 36.000, 5 kg-15 kg Rp 44.000, 15 kg-25 kg Rp 51.000, 25 kg-35 kg Rp 58.000, 35 kg-45 kg Rp 65.000, 45 kg-55 kg Rp 72.000, lebih dari 55 kg Rp 80.000. Sedangkan untuk kucing Rp 36.000 per kucing.

Jika Anda masih bingung mencari tempat menitipkan hewan kesayangan, coba saja hubungi PPS di nomor telepon 021-7819617. Siapa tahu masih ada 'kamar kos' yang tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com