Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Oleh-oleh Haji di Pasar Tanah Abang

Kompas.com - 08/11/2008, 06:47 WIB

JAKARTA, JUMAT - Pelaksanaan haji bagi masyarakat di Indonesia, pasti tidak terlepas dari buah tangan atau oleh-oleh. Karena tradisi pemberian oleh-oleh itu telah menjadi budaya, dan rutin diberikan ketika jamaah haji datang di tanah air.

Tapi, tidak semua oleh-oleh harus dibawa dari tanah suci. Bagi yang merasa repot dan berat membawa barang bawaan dari negeri arab, ada baiknya berkunjung dan mencari oleh-oleh haji di Pasar Tanah Abang, Jakarta. Selain terkenal sebagai pusat grosir, Pasar Tanah Abang juga terbilang lengkap dalam menyediakan oleh-oleh haji.

Untuk keperluan oleh-oleh yang berhubungan dengan sandang anda dapat mengunjungi lantai lima blok A. "Sedang yang berupa makanan dan barang pernak-pernik, seperti teko untuk menuang air zam-zam ada di lantai dasar blok F," ujar Aditya salah satu petugas sekuriti di Pasar Tanah Abang, Jumat (7/11).

Di lantai lima blok A Pasar Tanah Abang, terlihat beberapa pedagang yang hanya khusus menjual berbagai keperluan yang berhubungan dengan ibadah umat islam. Dan berbagai produk busana muslim, baik pria dan wanita. "Silakan dipilih-pilih, boleh kok," sapa beberapa pedagang yang ada di sana kepada para pembeli.

Ada pedagang yang hanya menjual busana muslim untuk wanita saja, ada yang jual busana muslim pria saja, maupun cuma berjualan kelengkapan ibadah seperti tasbih dan sajadah. "Kalau di sini jual tasbih dan perlengkapan beribadah buat laki-laki saja, untuk busana muslim wanita kami tidak jual," ujar Irsyad, penjaga stan Nabila, salah satu stan yang ada di lantai lima.

Sedangkan keperluan untuk oleh-oleh haji seperti kurma, kacang arab, kismis, parfum, pewarna kuku dan rambut, maupun teko penuang air zam-zam dapat anda temukan di lantai dasar, tepatnya di blok F. "Kalau di sini khusus berdagang makanan dan pernak-pernik yang kebanyakan untuk keperluan oleh-oleh haji. Tidak menjual busana maupun sajadah," jelas Warjun, salah satu penjaga toko yang berada di lantai dasar blok F, Pasar Tanah Abang, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com