Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Landa Sejumlah Wilayah Jakarta Utara

Kompas.com - 14/01/2009, 12:09 WIB

Laporan wartawan Kompas Pascal bin S Sarju

JAKARTA, RABU — Pasang laut dan tingginya permukaan air di sejumlah sungai yang bermuara di Teluk Jakarta membuat sejumlah wilayah di Jakarta hingga hari Rabu (14/1) siang ini masih terendam banjir. Sementara itu, jebolnya tanggul Kali Sunter di kawasan Kodamar, Kelapa Gading, Jakarta Utara, menyebabkan air kali meluap ke Jalan Yos Sudarso.

Kemacetan lalu lintas pun terjadi di jalan yang menghubungkan Tanjung Priok hingga Cililitan itu. Pemantauan Kompas, genangan yang terjadi di Jalan Yos Sudarso, tepatnya di Plumpang, lebih tinggi dari hari Senin kemarin. Tinggi genangan 40-60 sentimeter.

Akibatnya, lalu lintas di Jalan Yos Sudarso ke arah Cempaka Mas macet parah. Kemacetan di Jalan Yos Sudarso pada akhirnya menyebabkan kemacetan parah di Jalan Boulevard Barat Kelapa Gading yang akan masuk ke Jalan Yos Sudarso.

Selain di Jalan Yos Sudarso, kemacetan akibat genangan juga terjadi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur, dari arah Pulogadung ke Senen. Genangan terjadi di sekitar ATMI.

Selain Kali Sunter, Kali Cakung Drain dan Kalibaru di Jakarta Utara juga meluap karena air tak bisa lancar masuk laut menyusul masih tingginya gelombang laut. Karena tinggi genangan akibat luapan Cakung Drain mencapai satu meter lebih, ratusan warga di Kelurahan Sukapura terpaksa mengungsi di Gelanggang Remaja Jakarta Utara.

Adapun luapan Kalibaru yang berhulu di Bogor menyebabkan air mulai masuk menggenangi rumah-rumah di Kampung Kalibaru, Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara. Tinggi genangan di dalam rumah 10-20 cm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com