Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Standar Kelulusan UN 2009 Jadi 5,5

Kompas.com - 16/02/2009, 08:08 WIB

JAKARTA, SENIN — Sosialisasi Ujian Nasional (UN) 2009 di Jakarta terus dilakukan Dinas Pendidikan (dispen) DKI Jakarta. Langkah ini untuk mengantisipasi ketidaksiapan sekolah menjelang UN yang tinggal 2,5 bulan lagi. Persiapan dini juga harus dilakukan sekolah karena ada peningkatan standar kelulusan UN 2009. Tahun lalu Standar kelulusan UN minimal 5,25, sekarang menjadi minimal 5,50 untuk enam mata pelajaran.

Nilai minimum tersebut berlaku untuk sekolah tingkat SMP dan SMA/SMK. Sedangkan untuk standar nilai kelulusan di tingkat SD, saat ini belum ditentukan, masih dibahas di Departemen Pendidikan.

Mengenai sosialisasi, Dispen DKI telah melakukannya sejak Desember 2008. Untuk tingkat SMA/SMK sosialisasi dilakukan dalam tiga pertemuan. Pertama, sosialisasi SMA se-Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan, dilakukan di Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi (STMA) Trisakti, Rawasari, Jakarata Timur pada Senin (9/2) lalu.

Kemudian untuk wilayah Jakarta Barat dan Jakpus sosialisasi dilakukan di aula Fakultas Hukum Universitas Trisakti. “Untuk SMK juga dilakukan di gedung STMA Trisakti karena jumlah pesertanya cukup besar, ada 600-an peserta.,” papar Taufik Yudi Mulyanto Kepala Dispen DKI Jakarta, Minggu (15/2) kemarin.

Selanjutnya untuk tingkat SMP, sosialisasi pertama kali dilakukan di gedung Institut Sains dan Teknologi Alkamal Jakarta Barat. Menyusul kemudian dilakukan di gedung Labschool, Jakarta Timur, pada Kamis (12/2).

Untuk sekolah tingkat dasar rencananya sosialisasi dilakukan mulai Senin (16/2) esok. “Sosialisasi ini untuk menyampaikan pada para kepala sekolah bahwa sebagai pimpinan di sekolah harus menyiapkan siswanya dalam menghadapi UN yang akan dilakukan pada 20 April mendatang,” paparnya.

Sebelumnya, berdasarkan keputusan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), materi ujian ditambah tiga mata pelajaran sehingga materi ujian menjadi enam mata pelajaran. Untuk siswa SMA jurusan IPA mengerjakan ujian Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.

Siswa SMA jurusan IPS mengerjakan ujian Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi. Siswa SMA Jurusan Bahasa mengerjakan ujian Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Asing, Sastra Indonesia, dan sejarah budaya/antropologi. Sedangkan Siswa SMA Jurusan Keagamaan akan mendapatkan ujian tambahan yaitu Ilmu Tafsir, Ilmu Hadits, dan Tasawuf.

Materi ujian untuk siswa SMP pun mengalami penambahan mata pelajaran. Selain Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika, UN untuk siswa SMP ditambah dengan mata pelajaran IPA. Untuk siswa SD, UASBN yang digelar pertama kali pada tahun ini akan mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Dari masing-masing mata pelajaran yang diujikan tersebut nilai rata-rata minimal 4,25, dan boleh terdapat nilai 4,00 asalkan akumulasi perolehan nilai rata-rata dari enam pelajaran yang diujikan minimal mencapai 5,50. Kendati demikian, nilai 4,00 tersebut hanya diperbolehkan maksimal pada dua mata pelajaran. Sedangkan untuk siswa SD standar kelulusannya ditentukan sekolah masing-masing.

Jadwal UN SMA/MA/sederajat akan dilaksanakan mulai 20 April-1 Mei 2009. Kemudian untuk jadwal UN SMP/MTs/SMPLB akan dilaksanakan mulai tanggal 27 April-7 Mei 2009. Sedangkan jadwal UN SMALB akan dimulai pada 20-29 April 2009. Jadwal UN SMK akan dilakukan mulai 20-29 April 2009 dan jadwal UASBN akan dimulai pada 11-22 Mei 2009.

Kemudian untuk pengumuman hasil UN dan UASBN dilakukan serentak oleh sekolah/madrasah penyelenggara. Waktu pengumuman hasil UN SMA/MA/SMK/SMALB selambat-lambatnya minggu kedua Juni 2009 dan waktu pengumuman hasil UN SMP/MTs/SMPLB akan diumumkan selambat-lambatnya minggu ketiga Juni 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com