Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air Akan Beri Penghargaan Kapten Pilot Anwar

Kompas.com - 25/02/2009, 18:20 WIB

BATAM, RABU — Perusahaan penerbangan Lion Air akan memberikan penghargaan khusus kepada Kapten Pilot Anwar H karena berhasil mendaratkan pesawat MD-90 tanpa roda depan dengan selamat. "Pasti akan kita berikan penghargaan," kata Production Director Lion Air, Ertata Lananggaluh, di Batam, Rabu (25/2).

Namun, Ertata belum memastikan penghargaan yang akan diberikan kepada kapten pilot pesawat jurusan Medan-Batam-Surabaya itu. "Selain materi, ada penghargaan khusus," katanya.

Menurut dia, Kapten Pilot Anwar patut diberikan penghargaan karena berhasil menyelamatkan 162 penumpang dan aset perusahaan. Anwar berhasil meminimalisasi kecelakaan meskipun harus mendaratkan pesawat tanpa roda depan. Insiden itu juga tidak memakan korban.

Sebelum mendaratkan pesawat, pilot dengan 20.000 jam terbang itu berputar di udara selama dua jam, untuk menghabiskan bahan bakar, menghindari ledakan dan kebakaran saat pesawat mendarat.

Sementara itu, kata Ertata, Lion Air mendapat banyak pujian atas keberhasilan Anwar mendaratkan pesawat tanpa roda depan. Menurut dia, akibat kecelakaan itu, citra Lion Air tidak memburuk, justru sebaliknya, karena pendaratan darurat itu tidak memakan korban jiwa.

Pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pun memuji kepiawaian Kapten Pilot Anwar. Pasalnya, sulit mendaratkan pesawat tanpa roda depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com