Kamis, 2 Oktober 2014

News / Megapolitan

Mantapnya Udang Galah Bakar Madu Mang Engking

Senin, 2 Maret 2009 | 10:41 WIB

Nuansa alam yang diciptakan di Gubug Makan Mang Engking yang berlokasi di Danau Salam Kampus UI, Depok, begitu memesona. Gubug lesehan bergaya arsitektur Sunda yang  berdiri di atas kolam ikan seolah-olah mengingatkan akan indahnya alam pedesaan.

Memang nuansa resto seperti itu banyak ditemui di berbagai tempat. Tapi tidak untuk menu udang galah bakar madunya. Sebab, menu tersebut benar-benar istimewa di Gubug Makan Mang Engking. Mantap beneran.

”Soal menu udang galah bakar madu memang hanya ada di sini. Tidak ada di tempat lain. Makanya menu spesialnya udang galah bakar madu. Kita juga membuat ikan gurami bakar madu. Soal pemilihan nuansa alam, karena menu udang galah bakar cocok disajikan dengan nuansa alam. Selain itu, banyak orang merindukan nuansa alam,” kata pemegang manajemen Gubug Makan Mang Engking. Sutopo, belum lama ini.

Udang galah bakar madu memang sedap rasanya. Rasanya pedas-manis dan berani. Sepertinya bumbu-bumbu yang berasal dari rempah-rempah asli Indonesia dicampur dengan madu itu meresap hingga ke serat-serat daging udang yang ditusuk sate dan dibakar dengan arang kayu itu. Menikmati udang galah bakar itu akan semakin asyik bila dicocol dengan sambal terasi dadak.

”Soal racikan bumbu itu rahasia perusahaan. Yang jelas kenapa menggunakan udang galah karena Mang Engking petambak udang galah. Tambaknya ada di Ciamis, Tasikmalaya, Cianjur, dan Yogyakarta,” ujar Sutopo.

Dikatakan, racikan bumbu udang galah bakar madu tersebut dapat membuat stamina orang yang memakan udang galah bakar bertambah bugar dan "siap tempur". ”Sudah diuji coba dan khasiatnya tidak diragukan lagi. Kenapa bisa meningkatkan stamina, karena bumbu-bumbunya khusus dan ditambah dengan madu,” tuturnya.

Pesan dulu

Di Mang Engking, satu porsi udang galah super bakar dengan berat setengah kg harganya Rp 79.000. Kemudian udang galah super goreng, saus tiram, saus padang, asam manis, rebus dan sop, rata-rata harganya Rp 76.500 per setengah kilogram.

Untuk harga udang galah standar bakar madu Rp 69.000 per setengah kilogram. Adapun udang standar goreng, goreng tepung, saus tiram, saus padang, asam manis, rebus, dan sop rata-rata harganya Rp 69.500 per setengah kilogram.

Harga kepiting goreng, saus tiram, saus padang, asam manis, rebus, dan sop rata-rata Rp 110.000 per satu kilogram. Sedangkan kepiting lemuri (lunak) goreng, saus tiram, saus padang, asam manis, rebus, dan sop rata-rata harganya Rp 72.500 per setengah kilogram.

Selanjutnya gurami bakar madu, kecap, goreng, saus tiram, saus padang, asam manis, cobek, dan sop untuk ukuran besar harganya Rp 59.500 per ekor. Ukuran sedang Rp 49.500 per ekor, dan kecil Rp 39.500 per ekor.

Nah, jika penasaran sambangi saja Gubug Makan Mang Engking. Patokannya pintu keluar Universitas Indonesia. Setelah pos keamanan pertama lalu ambil jalan ke kiri. Lebih baik pesan tempat dulu bila ingin ke sana pada Sabtu dan Minggu, sebab pada hari itu dipastikan rumah makan itu padat pengunjung. Teleponnya 021- 99569150.

Gubug Makan Mang Engking juga dapat dijadikan tempat pesta pernikahan. Gubug utamanya mampu menampung 100 orang. Juga terdapat 18 gubug lesehan. Untuk sewa tempat sekitar Rp 500.000. Sedangkan menunya disesuaikan dengan paket yang ditawarkan. (DOD)


Editor :
Sumber: