Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMB: Kami Tak Ingin Ada Bar Bernama Agama

Kompas.com - 05/03/2009, 14:59 WIB

JAKARTA, KAMIS — Aliansi Mahasiswa Buddhis (AMB) menyegel Buddha Bar. Mereka menentang kehadiran tempat hiburan itu karena dianggap telah melecehkan agama. AMB khawatir akan ada bar-bar baru yang memakai nama sebuah agama.

"Ini untuk kepentingan bersama. Kami tidak ingin muncul bar lain yang memakai nama atau simbol agama. Muhammad Bar atau Kristen Bar misalkan," ujar perwakilan Himpunan Mahasiswa Buddha Indonesia, Wibowo, kepada wartawan ketika rombongan AMB menuju ke Kantor Gubernur DKI Jakarta, Kamis (5/3).

Menurut dia, menyandingkan nama agama dengan kata bar atau menempatkan simbol-simbol agama dalam bar tidaklah pantas dan menghina agama tersebut. Oleh karena itu, AMB mengecam keberadaan Buddha Bar di Jalan Teuku Umar No 1, Jakarta Pusat.

Restoran sekaligus bar itu dinilai telah melecehkan agama Buddha. Kehadiran Buddha Bar ini dinilai telah melukai hati umat Buddha di Indonesia.

Kata Buddha, ujarnya, memiliki makna luhur yang tidak pantas disandingkan dengan kata bar yang identik dengan tempat minum beralkohol atau memabukkan. Terlebih lagi, katanya, bar tersebut menempatkan simbol-simbol agama Buddha di dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com