Belanja Lebaran Lewat Internet: Lirik, Klik, Selesai! (1) - Kompas.com

Belanja Lebaran Lewat Internet: Lirik, Klik, Selesai! (1)

Kompas.com - 05/09/2009, 10:28 WIB

KETIKA Lebaran menjelang, salah satu tempat yang ramai dikunjungi adalah toko atau mal. Maklum, harus beli baju, peci, sarung, makanan, dan lainnya. Kalau malas berdesak-desakan, kepanasan, atau tak punya banyak waktu, bisa, kok, belanja dari rumah. Tinggal pilih, lalu, “Klik.”

Zaman memang sudah berubah. Kini, untuk memborong kue Lebaran untuk keperluan sendiri maupun buat dikirim ke kerabat serta relasi, kita bisa berbelanja toko kue online. Pilihannya juga banyak, tinggal disesuaikan dengan lokasi kerabat atau relasi yang akan Anda dikirim.

Yang jelas, kalau ingin belanja kue secara online, harus segera dilakukan. Soalnya, seperti kata Putria Fatmasari (25), pemilik blog toko www.homemade-putria.blogspot.com, ia sudah kebanjiran pesanan parsel Lebaran sejak Juli lalu. “Kebanyakan pesanan datang dari Jakarta dan minta diantar ke alamat di Yogya,” kata ibu seorang anak yang enggan menyebutkan omzet pesanan selama Lebaran.

Di blognya, Putri menawarkan kue kering, cokelat, tart, cup cake, brownies, nasi tumpeng, dan lainnya. Semua contoh dipajang dengan beragam keterangan, termasuk testimoni para pelanggannya. “Pelanggan pertama saya adalah Ibu Erlita, seorang karyawati di Jakarta. Dia memesan Coconut Cake ukuran 20 cm X 20Cm untuk dikirim ke mertuanya di Yogya saat Lebaran. Waktu itu, saya belum punya kulkas. Mixer juga warisan dari orangtua. Semua alat masih serba sederhana,” jelas Putri yang membuka toko onlinenya sejak 2007.

Ide buka toko kue online, katanya, justru muncul dari rekannya di Jepang. Saat itu, sang teman minta dibuatkan kue untuk dikirim ke kerabatnya di Yogya. “Untuk peringatan setahun eyangnya yang sudah meninggal. Pesannya, dua kotak brownies kukus ukuran 30 cm X 30 cm, dihiasi foto eyangnya. Ternyata keluarga yang dikirimi terharu. Sampai nangis-nangis. Saya senang mereka bilang kue bikinan saya enak. Bayangkan, saya bikin kue itu sampai lembur dan nangis-nangis karena enggak ada yang membantu. Itulah pengalaman pertama saya jual kue,” kisahnya.

Lebaran Tetap Buka
Untuk kue buatannya, Putri memasang harga mulai Rp 125 ribu untuk cake. Harga kue kering dan cokelat praline, beda lagi. Pemesan harus bayar di muka 50 persen untuk pesanan di atas Rp 700 ribu. “Di bawah jumlah itu, harus dibayar tunai.”

Keterampilan membuat kue-kue cantik, nasi tumpeng, dan kerajinan seperti yang tertayang di blognya, bukan diperoleh dari kursus atau sekolah khusus. “Saya belajar dari milis, baca buku, dan mengoleksi resep-resep di Tabloid NOVA. Saya catat resepnya dan saya kumpulkan,” kata mantan karyawati yang setelah punya anak memilih berkarya di rumah.

Satu lagi keistimewaan layanan Putri, di hari Lebaran pun, pesanan masih bisa diantar. “Tapi setelah jam 12.00. Saya, kan, harus memberi kesempatan kurir berlebaran,” kata Putri. Tapi soal order, “Tanggal 18-29 September kami tutup. Soalnya, selama hari-hari itu, toko bahan kue tutup. Saya akan terima pesanan hanya kalau punya stok bahannya.”

Berminat belanja keperluan Lebaran lewat dunia maya? Tinggal lirik barangnya, pilih, lalu “Klik”. Selesai!

Silakan intip juga:
www.kuelaris.com (Surabaya) www.rumahoma.com (Bali) (Bersambung...)

Editor

Close Ads X