Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direktur RS International Bintaro Nilai "E-mail" Prita sebagai Keluhan Pasien

Kompas.com - 10/09/2009, 12:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Juniwati Gunawan (47), Direktur RS International Bintaro, menilai, surat elektronik Prita Mulyasari sebagai sebuah keluhan. Surat itulah yang menjadi bahan perkara persidangan yang membuat Prita didakwa mencemarkan nama baik RS Omni International Serpong.

"Setelah saya baca secara keseluruhan, saya menyimpulkan bahwa surat Ibu Prita adalah sebuah keluhan dari seorang pasien," kata Juniwati dalam keterangannya sebagai saksi sidang Prita di Pengadilan Negeri Tangerang, Banten (10/9).

Ia pun menyimpulkan bahwa keluhan tersebut akhirnya terungkap dalam surat elektronik karena ada komunikasi yang kurang berjalan baik antara Prita dan manajemen RS Omni International. "Itulah mengapa saya menambahkan catatan pada e-mail Ibu Prita yang di-forward ke saya, semoga hal itu (kasus Prita) tidak terjadi di rumah sakit kami," papar Juniwati.

Surat elektronik itu sendiri, menurutnya, dikirim melalui e-mail dari Armen yang bertugas di kantor pusat RS International Bintaro. Prita dirawat di rumah sakit itu pada 12 Agustus-16 Agustus 2008 setelah tidak puas dengan pelayanan RS Omni International. Di rumah sakit itu, Prita didiagnosis berpenyakit gondongan.

Akibat perbuatan menulis keluhan melalui e-mail, karyawan bank swasta yang memiliki 2 anak itu diduga mencemarkan nama baik RS Omni International. Ia didakwa dengan pasal berlapis, yakni Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Pasal 310 KUHP tentang Pencemaran Nama Baik serta Pasal 311 KUHP. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com