Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benhil Masih Jadi Favorit

Kompas.com - 18/09/2009, 09:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.COM - Belum lengkap rasanya jika belum menyambangi Pasar Benhil, Jakarta Pusat, di bulan Ramadan. Lokasi ini selalu menjadi favorit yang ingin membeli menu untuk berbuka puasa.

Di Pasar Bendungan hilir (Benhil) terdapat bazar Ramadan. Pembeli yang datang bukan saja masyarakat dan karyawan perkantoran di sekitar Pasar Benhil, melainkan para pengendara atau pengguna jalan yang melintasi Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin. Jika menjelang sore, bazar di Pasar Benhil penuh sesak oleh pembeli.

Bazar di Pasar Benhil itu memang muncul setiap Ramadan. Penyelenggaranya adalah Forum Peduli Bend-Hil. Para pedagangnya sudah menggelar makanan dan minuman khas bulan Puasa sejak pukul sekitar 14.00.

Puluhan meter tenda dipasang sebagai peneduh para penjual aneka makanan. Tak hanya di lokasi bazar, sepanjang jalan menuju Pasar Benhil juga dipenuhi para pedagang makanan, baik makanan ringan untuk berbuka, maupun lauk-pauk.

"Setiap tahun kami selalu beli di sini. Enggak lengkap rasanya kalau enggak cari makanan buka di Benhil, apalagi kebetulan hari ini hari Sabtu, pas libur," kata Riana, seorang warga Palmerah, Jakarta Pusat, yang saat tengah memilih milih kolak dan gorengan.

Karyawan di sebuah kantor di Benhil itu mengaku membawa pulang makanan yang dibelinya untuk berbuka bersama keluarganya. Para pemburu makanan berbuka juga bisa menemukan berbagai jenis minuman, seperti es buah, es teler, es cendol bandung, dan lain-lain.

Jika berminat berburu makanan berbuka di sini, datang lebih awal akan lebih baik. Sebab, semakin mendekati waktu berbuka, kawasan ini akan semakin dipadati pengunjung. Tentu saja, akan sulit mencari makanan atau minuman untuk berbuka puasa, karena sudah banyak yang habis.

Amran, seorang karyawan yang tinggal di Jalan Gaharu, Cilandak, Jakarta Selatan, yang ditemui Warta Kota beberapa waktu lalu mengaku cukup sering mampir ke Pasar Benhil untuk membeli makanan pembuka puasa.

Pria beranak lima itu bekerja di sebuah bank di Jalan MH Thamrin. Baginya, Pasar Benhil bukan saja sebagai tempat untuk berbelanja, melainkan sebagai tempat hiburan selepas beraktivitas. Karena, di tempat itu, dia dapat membeli berbagai jajanan yang murah meriah, clan sudah tentu hanya dapat ditemui setahun sekali.

Beragam makanan dan minuman dijual di Pasar Benhil, meski makanan khas Sumatera Barat lebih mendominasi. Masakan itu mampu mengundang selera karena harum rempah-rempahnya sangat tajam.

Tholib, salah satu penjual lemang tapai dan ketan khas Sumatera Barat mengaku sudah lima tahun berjualan di Pasar Benhil. Menurutnya, pasar itu aman dan nyaman bagi pembeli. Sebab, sebagian besar pengurusnya adalah warga setempat. Sebagai pedagang kaki lima is berharap dapat mengais rezeki lewat pasar kaget ini.

Meski sebentar lagi Lebaran, Pasar Benhil masih saja ramai didatangi pembeli. Menurut beberapa pedagang, Pasar Benhil mulai berkurang pembeli sehari sebelum Lebaran tiba. (Warta Kota/ito)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com