Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah! Di LP Cipinang, Koruptor Dapat Fasilitas VIP

Kompas.com - 20/09/2009, 13:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perlakuan beda diberikan oleh pihak lapas Klas I Cipinang, Jakarta, antara tahanan kasus umum dan kasus korupsi. Hal itu tampak ketika kunjungan oleh keluarga saat hari raya Idul Fitri, Minggu (20/9).

Untuk napi kasus korupsi disediakan tempat khusus untuk kunjungan, yaitu di ruang administrasi keamanan dan ketertiban. Sementara untuk kasus umum, napi dengan keluarga diwajibkan bertemu di ruang kunjungan yang tersedia.

Salah satu napi yang tidak ingin diketahui identitasnya mengatakan, kondisi ruang pertemuan untuk kasus korupsi berbeda jauh dengan kasus umum. Ia yang sudah beberapa kali masuk ke dalam ruang administasi mengatakan, di ruang tersebut dilengkapi AC serta beberapa sofa dan bangku empuk. Mereka bebas berkunjung tanpa batasan waktu. "Napi KPK (korupsi) beda perlakuannya di sini," kata dia.

Sementara itu, ruang kunjungan napi umum hanya diembusi angin dari beberapa kipas yang terpasang di langit-langit. Bangku yang disediakan hanya bangku plastik serta jam kunjung dibatasi hanya 30 menit. "Meja 25 harap meninggalkan ruang kunjungan," ucap petugas dengan alat pengeras ketika jam kunjung habis.

Spring bed, kulkas, AC, televisi

Lebih lanjut ia menjelaskan, perlakuan beda bukan hanya saat kunjungan keluarga. Di kamar kasus korupsi dilengkapi AC, kulkas, spring bed, televisi, dan fasilitas lain. Ia pun bebas membawa laptop dan telepon seluler. "Bahkan sampe organ. Apa sih yang enggak bisa di sini asal punya duit," ucap dia yang telah sering kali mengantar makanan ke dalam kamar beberapa napi koruptor.

Sementara napi umum, ungkapnya, untuk dapat menikmati fasilitas televisi, dispenser, VCD, ataupun fasilitas lain, para napi harus merogoh kocek. Untuk televisi lengkap dengan VCD dan radio tape, setiap kamar dikenakan biaya Rp 500.000 per bulan. Sedangkan dispenser dikenakan Rp 200.000 per bulan. Per kamar juga dikenakan biaya air Rp 50 per hari. "Jadi patungan mereka per kamar. Kalau enggak bayar yah ditarik semua," tuturnya.

Kepala Bidang Pembinaan Lapas Cipinang Samsul Hidayat ketika dimintai tanggapan membantah hal itu. Menurutnya, semua napi dan tahanan selama di dalam tahanan Cipinang diperlakukan sama oleh petugas Lapas. "Enggak ada itu. Tidak ada perlakuan khusus," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com