Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Sediakan Uang Rp 240 Juta untuk Orang Miskin

Kompas.com - 21/09/2009, 11:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyediakan total uang Rp 240 juta ditambah sembako bagi komunitas miskin Jakarta. "Saya dan Wagub menyediakan waktu untuk menerima kelompok masyarakat," kata Bang Foke, panggilan akrab Gubernur kepada para wartawan di Balai Kota Jakarta, Senin (21/9).

Menurut Foke, sembako yang diberikan terdiri dari gula, minyak goreng, susu, dan uang Rp 40.000. "Sumber macam-macam. Sumbangan dari beberapa korporasi," ucapnya.

Menurut Effendi Anas, Asisten Kesejehteraan Masyarakat DKI Jakarta, ada 6.000 paket yang disediakan. Tahun lalu yang disediakan 4.000 paket, tetapi kurang sekitar 300. "Tidak ada syarat khusus. Datang saja. Kalau mau bersalaman dengan Gubernur datang jam 08.00-09.30," tutur Effendi.

Lebih jauh, ia mengungkapkan bahwa orang miskin sudah menjadi realitas kota urban ini. Ia pun tidak menampik ada kelompok tertentu yang mengoordinasi orang miskin di daerah untuk mengemis di Jakarta. "Untuk itu kami mengharapkan supaya tidak memberikan sedekah kepada orang miskin di jalanan," paparnya. Sebaiknya sumbangan diberikan secara terstruktur, melalui panti asuhan ataupun lewat amil zakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com