Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jogja Plaza Hotel Raih Penghargaan Efesiensi Air

Kompas.com - 24/09/2009, 19:49 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com - Jogjakarta Plaza Hotel (JPH) meraih penghargaan dalam program Waste Water Minimize tingkat DIY. Waste Water Minimize (W2M) adalah program Pemerintah Provinsi DIY kepadda 32 pelaku usaha perhotelan di Yogyakarta, untuk mengetahui tingkat efesiensi pemakaian air dan minimalisasi limbah cair.

JPH masuk dalam posisi tiga besar yang mendapat penghargaan itu. Selain kebersihan dan keindahan lingkungan instansi yang bersangkutan, penilaian lebih dititik beratkan pada pemanfaatan energi dan konservasi lingkungan, ujar Adventa Pramushanti, Public Relations Officer JPH, Jumat.

Menurut adventa, penghargaan serupa diraih oleh JPH di tahun 2008 dari Pemkab Sleman dalam Lomba Kebersihan Lingkungan yang diadakan secara tahunan.  

Konservasi lingkungan dengan efisiensi penggunaan air dan minimalisasi limbah bukan hal yang baru di JPH. "Salah satu caranya adalah dengan mengolah limbah cair lalu digunakan lagi untuk keperluan lain, contoh sederhana, air limbah dari laundry dan kitchen digunakan untuk menyiram tanaman setelah diolah," ujar Adventa.

M inimalisasi limbah sebenarnya mendatangkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah nilai ekonomi. Terjadi efisiensi bahan baku dan pengurangan biaya operasional. Manfaat lain inilah yang menjadi pertimbangan untuk pelaksanaan program W2M, sehingga meski baru bersifat uji coba, Provinsi DIY berencana mene rapkan program yang tarafnya baru dalam tahap uji coba ini secara menyeluruh ke semua pelaku usaha.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com