Demam Miyabi (2): Mereguk Untung dari Keping Bajakan - Kompas.com

Demam Miyabi (2): Mereguk Untung dari Keping Bajakan

Kompas.com - 09/10/2009, 11:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana kedatangan Miyabi ke Indonesia mengubah top chart" DVD film dewasa paling dicari di Glodok, Jakarta Barat.  Artis kelahiran Hokkaido, 8 Januari 1986, ini pun langsung menggeser posisi puncak sejumlah bintang porno kenamaan lainnya.

Setidaknya hal ini diakui oleh beberapa penjual DVD bajakan di Glodok, Jakarta Barat. Selain dikenal sebagai pusat elektronik, Glodok juga merupakan sentra perdagangan keping DVD film bajakan. "Sejak (rencana kedatangan Miyabi) masuk koran, jadi banyak yang cari," terang Anton, sebut saja begitu, seorang penjual DVD kepada Kompas.com, Kamis (8/10).

Sebelum tersiar kabar datangnya artis bertinggi badan 1,62 meter dan berat badan 48 kg itu, Anton mengaku hanya berhasil menjual DVD Miyabi maksimal 10-20 keping per hari. "Tapi sekarang bisa jual 50 keping sehari," ujarnya bangga.

Seorang penjual lain, Edi, bukan nama sebenarnya, mengatakan mampu menjual DVD Miyabi lebih dari 100 keping pada hari Sabtu dan Minggu. Sementara pada hari biasa dirinya mampu menjual minimal 50 keping. "Omzet dari penjualan DVD Miyabi saja bisa mencapai Rp 1 juta per hari," ujar Edi yang ditemui Kompas.com, di Glodok, Kamis.

Meningkatnya permintaan terhadap film-film yang dibintangi Miyabi membuat sebagian penjual menaikkan harga. Pantauan Kompas.com, harga DVD Miyabi bervariatif, mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 15.000 per keping. Padahal, harga normal DVD film di Glodok berkisar di angka Rp 5.000-Rp 6.000 per keping.

Edi dan Anton menjual DVD Miyabi rata-rata Rp 10.000 per keping. Konsumen terbesar mereka adalah para pemilik rental DVD yang membeli dalam partai besar. Selain itu, mereka juga memiliki pelanggan pengecer yang membeli satu hingga dua keping DVD per kunjungan.

Lantas, berapa keuntungan yang direguk para penjual DVD dari demam Miyabi yang tengah melanda pusat penjualan DVD bajakan tersebut? Ruli, lagi-lagi bukan nama sebenarnya, seorang penjual DVD bajakan di Glodok, secara blak-blakan mengaku mendapat laba bersih Rp 2.000-Rp 3.000 per keping DVD yang dijualnya.  

Berdasarkan perhitungan konservatif, dari DVD Miyabi saja para pedagang dapat menikmati laba sekitar Rp 3,6 juta pada bulan ini.

Ah, Miyabi...


(Selesai)

Editormbonk

Close Ads X