Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Megapolitan

Selain Senja Kediri, KA Bangunkarta Juga Debut Perdana

Minggu, 6 Desember 2009 | 13:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mengoperasikan Kereta Api Senja Kediri kelas bisnis, PT Kereta Api Indonesia juga meluncurkan KA Bangunkarta untuk kelas eksekutif. Kedua rangkaian kereta baru itu sudah beroperais sejak Sabtu (5/12) dan berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

"Kemarin jam dua siang kita jalankan dua kereta api, yaitu KA Bangunkarta Eksekutif dan KA Senja Kediri Bisnis, masing-masing untuk tujuan Jombang dan Kediri," Jelas Wakil Kepala Stasiun Pasar Senen Iwan Riyanto, Minggu (6/12), di Jakarta.

Ia mengatakan kedua kereta tersebut juga disediakan untuk pengantisipasi membludaknya jumlah penumpang. "Kalau memang bagus nanti akan selamanya kita operasikan," tuturnya.

KA Bangunkarta Kelas Eksekutif tujuan Jombang berangkat dari Pasar Senen ke Jombang lewat Semarang. Tarif yang diberlakukan masih tarif promosi, yaitu Rp 190.000 yang berangkat dari Senen sampai Semarang dan Rp 200.000,- dari Senen sampai Jombang.

Sementara tarif promosi untuk KA Senja Kediri Bisnis tujuan Senen sampai Semarang Rp. 100.000 dan Rp 130.000 untuk rute Senen sampai Kediri.

"Dulunya digabung KA Bangunkarta-nya kelas bisnis dan eksekutif, nah mulai tanggal 5 (Desember) kita pisah eksekutif-nya sendiri bisnisnya sendiri," jelas Iwan.

KA Bangunkarta Kelas Eksekutif dan KA Senja Kelas Bisnis bisa dipesan lewat online. Pemesanan untuk kedua kereta baru tersebut sudah dilakukan satu bulan sebelum diresmikan. "Pemesanan sudah dibuka sejak 30 hari yang lalu," kata Iwan.


Editor : wah