Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koin Uang Asing di Koin untuk Prita

Kompas.com - 23/12/2009, 15:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dibantu Bank Mandiri, Bank Indonesia (BI) mulai melakukan penghitungan uang koin untuk Prita Mulyasari (32) di Gedung Pusat BI, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2009). Dalam penghitungan itu, koin uang asing tidak disertakan.

Sejumlah petugas BI tampak sibuk memasukkan koin ke dalam karung putih, dan mengopernya satu per satu ke dalam sebuah truk biru besar. Di antara mata uang rupiah, terdapat sejumlah mata uang asing yang tak akan disatukan dalam penghitungan koin rupiah, seperti mata uang Australia senilai 87,40 dollar Australia, mata uang Singapura senilai 451,95 dollar Singapura; mata uang Euro senilai 46,41 euro, mata uang Thailand 922 sen baht, mata uang Inggris 4 poundsterling dan 57 pences, dan mata uang Amerika sebanyak 22 dollar AS.

Menurut keterangan Direktur Direktorat Pengedaran Uang BI Edi Suswanto saat ditemui pada penghitungan koin yang dilakukan di lobi BI, Rabu, mesin penghitung koin hanya dapat menghitung mata uang rupiah.

Hendaru, salah satu koordinator Koin Keadilan untuk Prita, mengatakan, koin asing akan langsung diberikan kepada Prita secara utuh, tanpa ditukar ke uang rupiah terlebih dulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com