Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2009, Angka Kecelakaan "Busway" 268 Kasus

Kompas.com - 25/12/2009, 13:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus transjakarta mengalami peningkatan tiap tahun. Faktor utamanya adalah semua koridor busway tidak steril karena dimasuki kendaraan lain. Padahal, Pemprov DKI telah melarang keras kendaraan lain masuk jalur tersebut.

Faktor lainnya, banyak warga Jakarta yang menyeberang di koridor "busway" dengan tidak hati-hati sehingga tertabrak transjakarta. Namun, tidak sedikit juga kasus kecelakaan yang diakibatkan kelalaian dari sopir bus.

Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta mencatat, pada awal beroperasinya busway tahun 2004, kasus kecelakaan yang melibatkan transportasi berbasis bus rapid transit (BRT) ini hanya lima kasus tanpa menimbulkan korban jiwa.

Sebab, saat itu baru ada satu koridor yang beroperasi, yaitu Koridor I (Blok M-Kota). Penjagaannya pun dilakukan ekstra ketat sehingga boleh dibilang koridor ini 95 persen steril dari pelintasan kendaraan bermotor nontransjakarta.

Namun, seiring dengan bertambahnya jumlah koridor sejak 2006, kasus kecelakaan di jalur busway meningkat cukup tinggi. Pada tahun 2006, sejak beroperasinya Koridor II, kasus kecelakaan yang terjadi di dua koridor itu mencapai 31 kasus.

Saat beroperasinya Koridor III, IV, V, dan VI, kasus kecelakaan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tahun 2007, BLU Transjakarta mencatat telah terjadi 66 kasus kecelakaan.

Lonjakan kasus secara tajam terjadi pada tahun 2008, yaitu mencapai 167 kasus kecelakaan. Dari jumlah tersebut, 13 orang tewas, 42 orang mengalami luka-luka, dan 112 kasus lainnya menimbulkan kerugian materi yang cukup besar. Kemudian saat Koridor VII dan VIII beroperasi pada tahun 2009, angka kecelakaan hingga Oktober 2009 menembus 268 kasus.

Dari jumlah tersebut, 12 orang di antaranya tewas, 36 orang mengalami luka berat, dan 220 mengalami luka ringan/kerugian materi.

Sepanjang tahun 2009, rekor tertinggi kasus kecelakaan terjadi pada bulan Oktober 2009, yaitu mencapai 67 kasus.

KASUS KECELAKAAN DI JALUR BUSWAY 2009

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com