Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmatnya Sate Maranggi Cibungur

Kompas.com - 31/12/2009, 19:30 WIB

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda petualang kuliner mungkin sudah tidak asing dengan Sate Maranggi. Panganan khas Purwakarta ini tidak sulit ditemukan di sepanjang Jalan Raya Cibungur, Purwakarta.

Namun, ada satu warung makan di sana yang menyajikan Sate Maranggi dengan rasa yang khas dan tampaknya warung tersebut memang tak pernah sepi, apalagi di musim liburan seperti ini. Pemiliknya, tidak ingin mengatakan tempat usahanya sebagai "restoran", padahal warung makan miliknya terbilang cukup besar karena bisa menampung lebih dari 200 orang.

"Ini mah cuma warung bukan restoran, tempat duduknya aja kayak gini," kata Yeti, pemilik Warung Makan Sate Maranggi Cibungur, sambil menunjuk tempat duduk persegi kayu di warungnya, ketika ditemui Kompas.com, Kamis (31/12/2009).

Terletak di sekitar pepohonan yang rimbun, warung makan tersebut menawarkan suasana desa, "dan kita seperti dibawa kembali lagi ke kampung," demikian tutur Yeti.

Tempatnya pun mudah dijangkau. Kalau dari arah Jakarta, Anda yang mengendarai mobil, bisa keluar Tol Cikampek dan menyusuri Jalan Raya Cibungur. Kira-kira dapat ditempuh sepuluh menit dari pintu keluar tol. Atau, jika Anda mengendarai sepeda motor, juga bisa menjangkau tempatnya dengan mudah, letaknya ada di sebelah kiri jalan.

Lokasi parkirnya sangat memadai, jadi jangan takut tidak dapat tempat parkir. Warung makan tersebut memang tidak semewah restoran yang berseliweran di Jakarta, tapi entah mengapa pengunjungnya luar biasa banyak.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, beberapa mobil berplat B terlihat parkir di warung makan milik Yeti tersebut. Apa sih yang istimewa dari Sate Maranggi?

Sate Maranggi ada yang terbuat dari daging kambing dan daging sapi. Sate Maranggi lebih nikmat disantap dengan nasi timbel. Menurut Yeti, keunggulan Sate Maranggi adalah dikeempukan daging satenya.

"Kalo kata orang dagingnya empuk, bau kambingnya enggak kerasa, sama sambelnya juga," jelas wanita yang sudah 20 tahun berdagang Sate Maranggi ini.

Untuk setiap porsinya yang terdiri dari sepuluh tusuk sate, kita hanya perlu membayar Rp 15.000,- dan nikmatnya sate yang gurih ditambah sambal cabai rawit dan tomat bisa kita dapatkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com