Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karyawan Indosiar Datangi Gedung Indocement Tuntut Hak

Kompas.com - 11/01/2010, 13:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah melakukan unjuk rasa di depan Kantor Indosiar, Daan Mogot, Jakarta Barat, para karyawan stasiun televisi itu melanjutkan aksinya di depan Gedung Indocement, Jalan Sudirman, Jakarta. Dengan beriring-iringan menggunakan sepeda motor dan kendaraan bak terbuka, para karyawan Indosiar tiba di Gedung Indocement pada pukul 11.00, Senin (11/1/2010).

Sesampainya di tempat mereka langsung menggelar orasi menuntut kenaikan gaji. Dalam aksi ini, mereka juga membentangkan poster berwarna merah dengan tulisan berwarna putih yang bertuliskan "Karyawan Indosiar Menuntut Kenaikan Gaji dan Transparasi" serta "Perusahaan Sehat, Karyawan Sejahtera".

Beberapa perwakilan karyawan telah diizinkan masuk ke dalam gedung untuk berunding dengan CEO Indosiar Anthony Salim perihal tuntutan gaji. Dalam rilis yang diterima Kompas.com disebutkan bahwa banyak karyawan yang sudah bekerja lebih dari 5 lima tahun, tapi gaji pokoknya di bawah Rp 350.000.

Disebutkan pula, banyak karyawan kontrak di Indosiar yang telah bekerja lebih dari tiga tahun, tetapi tetap masih berstatus karyawan kontrak dan masih banyak karyawan yang belum di-cover Jamsostek. Iuran Jamsostek yang dibayarkan setiap bulannya pun berdasarkan gaji pokok semata. Padahal, dalam undang-undang Jamsostek seharusnya diambil 5,7 persen dari upah yang diterima.

Karyawan juga mengeluhkan tidak adanya manajemen SDM yang jelas, seperti jenjang karier, tidak ada pelatihan pada karyawannya untuk meningkatkan kompetensinya, tidak punya rencana peningkatan kesejahteraan karyawan. Keadaan itulah yang mendorong para karyawan Indosiar melakukan unjuk rasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com