Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Jumlah Anak Jalanan Jakarta Meningkat 50 Persen!

Kompas.com - 20/01/2010, 12:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jumlah anak jalanan di DKI Jakarta mengalami peningkatan hingga 50 persen. Jika pada 2008 jumlahnya sekitar 8.000 orang, pada 2009 jumlah mereka mencapai lebih dari 12.000 jiwa. Angka yang fantastik.

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Seto Mulyadi kepada Kompas.com, Rabu (20/1/2010), mengatakan, jumlah ini masih mungkin berubah karena mobilisasi anak-anak jalanan yang begitu cepat di 25 titik di Jakarta.

"Ada yang mungkin dobel penghitungan. Ada yang mungkin tidak terhitung," ujar pencipta tokoh Si Komo ini.

Jumlah ini tergolong besar dibanding jumlah keseluruhan anak jalanan di 12 kota besar yang mencapai lebih dari 100.000 jiwa. Padahal, Pemprov DKI menjadikan penekanan jumlah anak jalanan sebagai salah satu agenda kerja prioritas tahun lalu.

Kak Seto mengatakan, pangkal permasalahan anak jalanan terletak pada alasan keberadaan mereka di jalanan. Karena itu, pemerintah seharusnya peduli pada masalah ini.

Kalaupun kemudian terjadi kasus-kasus kekerasan seksual terhadap anak jalanan, Kak Seto berpendapat bahwa sebaiknya upaya penyelesaian juga berangkat dari persoalan mendasar mereka untuk hidup di jalanan. Hal ini bisa dimulai dengan melakukan pengawasan atau kontrol khusus terhadap rumah singgah atau tempat-tempat berkumpul anak jalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com