Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia yang Baru di Ragunan

Kompas.com - 31/01/2010, 20:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Margasatwa Ragunan akan segera beralih status, dari Unit Pelayanan Teknis (UPT) menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Dengan demikian, Taman Margasatwa Ragunan pun mulai berbenah diri dan memasang harapan di tahun 2010 ini.

Hal tersebut disampaikan Staf Promosi dan Pameran Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang, kepada Kompas.com, di Jakarta, Minggu (31/1/2010).

Pada tahun 2009, jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan mencapai 3.439.760. Angka tersebut meningkat dari tahun 2008, yaitu 3.302.549. "Kita berharap bisa 3,5 juta pengunjung tahun ini," kata Wahyudi.

Perubahan status dari UPT menjadi BLUD juga membuat harga tiket masuk juga kemungkinan akan mengalami penyesuaian. "Akan ada penyesuaian, tapi besarnya lihat saja nanti," kata Wahyudi.

Saat ini, tiket masuk Taman Margasatwa Ragunan masih terbilang terjangkau. Untuk dewasa, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 4.000, sementara untuk anak-anak Rp 3.000.

Selain akan adanya penyesuaian tiket, tahun 2010 ada beberapa hal baru lagi di Taman Margasatwa Ragunan, antara lain, datangnya satwa baru, adanya satwa baru lahir, dan adanya satwa yang akan melahirkan.

Satwa yang baru datang yaitu sepasang satwa jenis Rakun dari Kanada. Mereka saat ini tengah dikarantina dalam rangka pengadaptasian dengan lingkungan baru.

Satwa yang baru lahir, yaitu Puji dan Wati. Keduanya adalah bayi harimau sumatera yang saat ini berusia dua bulan. Kemudian, seekor kuda nil betina juga sebentar lagi akan melahirkan anaknya. Hal tersebut sekaligus menambah koleksi satwa di Taman Margasatwa Ragunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com