Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Manfaat Menyalakan Lampu Sepeda Motor Siang Hari

Kompas.com - 02/02/2010, 08:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Masyarakat pengguna lalu lintas, khususnya pengendara sepeda motor, diimbau dalam berkendara agar menggunakan lajur kiri dan menyalakan lampu sepeda motor pada siang hari.

Maksud dan tujuan menggunakan lajur kiri serta menyalakan lampu pada siang hari guna menekan terjadinya angka kecelakaan lalu lintas, terutama yang sering menimpa pengendara sepeda motor.

Dengan menyalakan lampu pada siang hari, pengendara sepeda motor akan terhindar dari kecelakaan disebabkan terlihat oleh kendaraan lain, baik dari arah berlawanan maupun yang searah. Hal itu diatur dalam Pasal 293 Ayat 1 jo Pasal 107 Ayat 1 Undang-Undang No 22 Tahun 2009.

Namun, sejumlah pengendara sepeda motor kepada Kompas.com, Selasa (2/2/2010), mengatakan, imbauan menyalakan lampu sepeda motor pada siang hari manfaatnya kurang optimal.

"Karena, para pengendara sepeda motor diminta menggunakan lajur di sebelah kiri. Artinya, mereka hanya berjalan bersama sesama pengendara sepeda motor. Selain itu, jarak antara sepeda motor yang satu dan yang lain biasanya hanya sekitar 1-2 meter karena kondisi jalanan yang padat sehingga manfaat lampu kurang optimal," kata Anto (40), warga Cipayung, Jakarta Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com