Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ipat Menunggu Status Kelaminnya di RSCM

Kompas.com - 19/02/2010, 12:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Fatahiyah alis Ipat (4,5), bocah berkelamin ganda, menanti kepastian jenis kelaminnya di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Jumat (19/2/2010), hasil USG terhadap Ipat sudah keluar. Saat ini ia masih menyiapkan sejumlah berkas laporan kesehatan sembari menunggu kamar kosong di rumah sakit itu.

"Hasil USG ini akan digabungkan dengan hasil pemeriksaan lain dan digunakan untuk memastikan jenis kelamin Fatahiyah," tutur Bagus Kusumo, Ketua RW 01, yang sehari-hari mengurus pemeriksaan Ipat di RSCM, Jumat.

Seperti diberitakan, Ipat belum memiliki status jenis kelamin yang jelas, pria atau wanita. Ia lahir secara normal pada 8 November 2005 dengan panjang 47 cm dan berat 2,8 kg. Ia begitu lincah, riang, dan tumbuh sehat.

Sewaktu lahir di Rumah Sakit Koja, Jakarta Utara, dokter tidak menjelaskan jenis kelaminnya. Rumah sakit juga tidak memberikan surat kenal lahir karena ketidakjelasan kelaminnya.

Ipat merupakan anak keempat pasangan Linah dan Encim (34). Selain status kelamin yang tidak jelas, ia juga memiliki keunikan lain pada tubuhnya. Separuh kulit di bagian kepalanya berwarna gelap berbulu halus. Di bagian punggung ke bawah juga tumbuh bulu berwarna hitam dan terus melingkar hingga paha. Keadaan serupa terlihat di kening kiri dan di bawah mata kiri, juga di lengan kiri dan kanannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com