Jumat, 1 Agustus 2014

News / Megapolitan

Wah, Ada Lomba Tari Jaipong Anak di Taman Mini

Minggu, 28 Februari 2010 | 15:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda berniat kunjungi kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) hari ini, Minggu (28/2/2010), sempatkan diri Anda untuk mampir ke anjungan daerah Jawa Barat. Mengapa? Karena hari ini di anjungan tersebut tengah digelar sebuah perlombaan Tari Jaipong anak antarsanggar se-Jabodetabek.

Ajang kompetisi Tari Jaipong yang diselenggarakan oleh pihak pengelola TMII itu diikuti oleh puluhan anak usia sekolah dasar dari lebih kurang 10 sanggar tari tradisional yang tersebar di seluruh wilayah Jabodetabek. Sejak dimulainya perlombaan pagi tadi sekitar pukul 10.00, anjungan Jawa Barat sudah disesaki pengunjung yang berminat menyaksikan aksi lincah para penari Jaipong cilik di atas panggung.

Demikian diungkapkan Titi, salah seorang penonton yang juga merupakan pelatih dari sebuah sanggar tari asal Bekasi. "Dari tadi jam 10.00 waktu mulai, sudah ramai. Banyak orang yang datang untuk nonton," kata pelatih sanggar Ananda Safitri itu.

Dalam ajang perlombaan Tari Jaipong anak ini pada akhirnya akan dipilih dua kategori pemenang, yakni juara Tari Jaipong Rampak (beregu) dan juara Tari Jaipong Tunggal. Penari-penari cilik yang menjadi pemenang dalam perlombaan tersebut nantinya akan mendapatkan hadiah berupa piala dan sejumlah uang tunai yang lumayan besar jumlahnya.

Namun, terlepas dari kompetisi yang diselimuti aura ketegangan dan persaingan itu, ada-ada saja aksi yang dilakukan oleh para penari cilik di balik panggung. Di saat letih menunggu giliran untuk naik ke atas panggung, banyak di antara para penari cilik yang sudah berdandan cantik lengkap dengan sanggul dan kebaya justru meminta pakaiannya dicopot karena kegerahan. Bahkan, ada di antara mereka yang tak segan-segan membuka kainnya sebelum tampil karena tak tahan buang air kecil.


Editor : wah