Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakob Oetama: William Sosok Sederhana dan Religius

Kompas.com - 03/04/2010, 13:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pendiri Kelompok Kompas Gramedia (KKG), Jakob Oetama, menilai almarhum William Soeryadjaya sebagai sosok yang sederhana, religius, dan peduli terhadap sesama. Di mata Jakob, pengusaha ulung pendiri PT Astra International Tbk itu juga merupakan orang yang mudah bergaul dan tidak menutup diri kepada semua orang.

"Kalau ada yang ingin bertemu dengannya, sebisa mungkin pasti dia akan temui." ujar Jakob ketika dijumpai di Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Sabtu (3/4/2010).

Kemampuan Oom Willem, panggilan akrab William, dalam mengelola bisnis telah memberi inspirasi kepada Jakob untuk menjalankan usahanya. Selain itu, Jakob juga berguru tentang main power dan total quality control yang waktu itu baru dimiliki oleh Astra saja.

"Waktu itu hanya Astra saja yang punya total quality control. Oleh karena itu, saya coba cari tahu dan belajar dari jauh mengenai hal itu untuk meningkatkan dan menjaga kualitas produk. Setelah itu, baru diterapkan di KKG," tutur Jakob.

Kepergian William Soeryadjaya juga dinilai merupakan kehilangan besar dalam dunia pengembangan usaha. "Beliau sosok yang baik dan pekerja keras," ucap Jakob.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com