Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Pesan Paskah dari Uskup

Kompas.com - 04/04/2010, 12:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan segala hal yang dibutuhkannya untuk hidup sejahtera. Maka dari itu, tidak layak jika masih banyak orang miskin di negeri ini. Demikian kira-kira sepenggal pesan yang disampaikan oleh Uskup Julius Kardinal Darmaatmadja saat ditemui wartawan seusai memimpin pelaksanaan Misa Paskah di Gereja Kathedral, Jakarta, Minggu (4/4/ 2010).

Melihat masih banyaknya warga miskin di negeri ini, Uskup mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengentaskan rakyat miskin. "Tidak layak kalau masih banyak orang miskin. Marilah kita bantu mereka yang tidak mampu agar mereka mendapat kesempatan dan akses yang sama dalam pekerjaan dan usaha sehingga bisa menikmati hasil yang sama pula dengan kita yang beruntung," papar Uskup.

Kemiskinan memang menjadi salah satu fokus perhatian sekaligus inti dari pesan Uskup Julius Kardinal Darmaatmadja dalam Paskah kali ini. Namun, selain itu, Uskup juga menekankan betapa pentingnya rasa solidaritas antarwarga.

"Terkait persoalan kemiskinan tadi, semangat solidaritas yang tinggi juga diperlukan untuk mengatasi kemiskinan. Dengan solidaritas yang tinggi, kita dapat menghilangkan sekat ketimpangan sosial antara yang mampu dan tidak mampu. Dengan begitu, tidak ada kekerasan perilaku satu terhadap yang lain. Hal ini perlu dijaga agar jangan sampai ada konflik dan permusuhan di negeri ini," tandas Uskup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com