Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlalu! 10 Bak Sampah Raib Dicuri

Kompas.com - 09/04/2010, 08:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ternyata tidak hanya barang berharga yang menjadi incaran maling, bak sampah pun tak luput dari incaran tangan-tangan orang tidak bertanggung jawab. Bahkan, selama tahun 2010 tak kurang 10 bak sampah besi hilang di wilayah Jakarta Barat.

Kesepuluh bak sampah yang hilang itu, di antaranya, adalah di Kelurahan Kembangan Utara (2 unit), di Kelurahan Tamansari (1), dan di Kelurahan Duri Kosambi (1 unit).

“Bak sampah yang hilang terbuat dari besi, modelnya seperti kontainer. Jadi, ketika penuh, sampah bisa langsung diangkut tanpa perlu dipindahkan isinya,” ujar Amir Sagala, Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Barat, Jumat (9/4/2010).

Hilangnya bak sampah itu membuat pekerjaan rumah bagi Suku Dinas Kebersihan Jakarta Barat. Terlebih, volume sampah di Jakarta Barat tergolong tinggi hingga mencapai 6.600 meter kubik per hari.

Untuk meminimalisasi hilangnya bak sampah, pihaknya akan menujuk salah seorang perwakilan warga di tiap RW untuk menjaga bak sampah tersebut.

“Masalah ini sudah saya pikirkan, termasuk honor bagi petugas penjaga bak sampah itu,” katanya.

Selain persoalan hilangnya bak sampah, Amir Sagala juga direpotkan dengan persoalan rusaknya 20 bak sampah. Untuk kerusakan itu, tahun ini pihaknya akan melakukan peremajaan bak sampah yang sudah tidak layak pakai.

“Dari 170 bak sampah yang kami punya, 20 bak telah rusak. Ini yang akan kami remajakan,” katanya.

Peremajaan itu menggunakan mata anggaran Sudin Kebersihan Jakarta Barat tahun 2010 dengan dua kapasitas, masing-masing berkapasitas besar 20 kubik dan menengah 14 kubik.

"Pengadaan itu sedang dalam proses lelang. Bila prosesnya berjalan lancar, sekitar Juni bak sampah sudah langsung diletakkan di titik yang sesuai dengan perencanaan," kata Amir.

Penggantian bak penampungan sampah ini juga untuk meminamalisasi keberadaan tempat pembuangan sampah (TPS) liar. Terlebih di Jakarta Barat saat ini tercatat ada sekitar 20 TPS liar berskala besar dan ratusan yang berukuran kecil.

"Padahal, kami juga menyediakan 180 truk sampah ukuran besar yang keliling mengambil sampah warga setip hari, tapi masih ada saja yang buang sampah ke TPS liar," sesalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com