Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: Banyak yang Punya Motif Enggak Benar

Kompas.com - 18/04/2010, 12:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menegaskan tidak ada sedikit pun niat dari Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan penggusuran makam Habib Hasan Al Haddad atau makam Mbah Priuk, Koja, Jakarta Utara. Beredarnya isu yang menyebutkan bahwa makam Mbah Priuk akan digusur disebabkan oleh adanya oknum-oknum yang memiliki motif tertentu. 

"Itu semua enggak bener. Beredarnya info makam mau digusur cuma karena banyak yang punya motif macem-macem," kata Fauzi Bowo saat memberikan ceramah kepada warga dalam acara ulang tahun ke-10 Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) di Jalan Udayana, Cililitan Besar, Makasar, Jakarta Timur, Minggu (18/4/2010). Meski demikian, ia enggan menjelaskan siapa dan motif apa yang terkait isu tersebut.

Masih mengenai masalah makam Mbah Priuk, Fauzi Bowo atau akrab disapa Foke juga meminta kepada warga agar jangan mengait-ngaitkan persoalan ibadah dengan persoalan sengketa tanah makam oleh ahli waris dengan PT Pelindo II.

"Memang ada urusan sengketa itu. Tapi jangan dikaitkan dengan soal ibadah. Enggak ada yang mau gusur makam. Ini lain ceritanya," kata Foke.

Foke pun lantas bercerita, sebagai seorang muslim, tidak mungkin baginya menggusur makam yang bersejarah bagi umat Islam. "Coba deh, tanya sama Habib-habib yang sehat walafiat, siapa yang merenovasi makam Luar Batang? Itu saya yang renovasi. Masa saya merenovasi suatu makam tapi terus saya malah menggusur yang lain. Jadi itu enggak benar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com