Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mirisnya Masinis Melepas Parahyangan

Kompas.com - 26/04/2010, 19:55 WIB

KOMPAS.com — Romantisme KA Parahyangan tak hanya milik para penumpang. Salah seorang masinis, Agus Supandi, juga menyimpan banyak kenangan. Ia sudah menjadi masinis KA Parahyangan sejak tahun 1997. Keputusan PT KA menghapuskan KA ekspres Jakarta-Bandung dan Bandung-Jakarta itu turut memiriskan hatinya.

"Ya, kalau memang keputusannya meniadakan Parahyangan, mudah-mudahan membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Minta doanya saja. Terlalu banyak kesan dan kenangannya. Sekarang, cukup dikenang saja," kata Agus Supandi dalam "Farewell Trip Parahyangan" di atas KA Parahyangan terakhir menuju Bandung, Senin (26/4/2010) malam.

Selama bertugas, ia mengaku pernah merasakan pasang surut penumpang KA tersebut. "Tahun 2001 pernah sampai berjejal gitu. Pernah juga cuma ngangkut segelintir orang dalam satu gerbong. Miris sih. Tadinya ramai, kemudian sepi dan akhirnya dihapus," kata Agus yang sudah menjadi masinis sejak tahun 1995.

Agus juga mengaku pernah membawa BJ Habibie saat masih menjabat sebagai Wakil Presiden pada tahun 1998. "Sudahlah, sekarang semua itu dikenang saja," ujarnya. Setelah KA Parahyangan ditutup, Agus kemungkinan akan beralih tugas menjadi masinis KA Malabar, rute baru Bandung-Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com