Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menantu Bos Binus Dibui, Istri Menangis

Kompas.com - 04/05/2010, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Alterina Hofan (32), menantu bos Universitas Bina Nusantara (Binus), akhirnya ditahan di Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Hofan adalah laki-laki penderita sindroma klinefelter, tersangka kasus pemalsuan identitas dalam akta kelahiran. Dia ditahan sejak Jumat (30/4/2010).

Penahanan Hofan di rutan khusus wanita itu karena Kejaksaan Tinggi DKI meyakini bahwa dia berkelamin perempuan. Suami Jane Deviyanti Hadi Puspito (23) itu dijerat dengan pasal pemalsuan identitas jenis kelamin. Dia dituduh dengan Pasal 266 KLJ-IP juncto Pasal 263 KLHP tentang pemalsuan identitas dalam akta otentik, baik lewat keterangan palsu maupun secara tertulis.

Kuasa hukum Hofan dan Jane, Ibnu Siena Bantayan, kemarin, mengatakan, Hofan dituduh memalsukan identitas oleh orangtua Jane. Menurut Ibnu, orangtua dan keluarga Jane menentang perkawinan Hofan-Jane. Padahal, Jane penderita tunarungu dan hanya Hofan yang mengerti bahasanva.

Identitas Hofan sebagai laki-laki dianggap palsu karena diyakini dalam akta kelahirannya disebutkan jenis kelaminnya perempuan. Karena itu, keluarga Jane melaporkan Hofan ke Polda Metro Jaya pada 12 Oktober silam dengan laporan polisi bernomor LP.2907/K/X/2009/SPK Unit I. Dewi Susianti bertindak sebagai kuasa hukumnya.

Ibnu membenarkan, orangtua Jane adalah bos Universitas Bina Nusantara.
Dalam laporan tersebut disebutkan korban penipuan Hofan adalah Jane.

"Padahal, Jane tahu betul siapa Hofan dan bagaimana dia menderita sindroma klinefelter atau kelainan kelamin pada pria," ujar Ibnu.

Atas penahanan Hofan itu, pada 30 April lalu Ibnu mengajukan permohonan penangguhan penahanan. "Kasihan istrinya, Jane, yang menangis terus ketika tahu suaminya ditahan," katanya. (bum/ded) (Bersambung)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com