Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minggu, Pencanangan HUT DKI di Kota Tua

Kompas.com - 29/05/2010, 20:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-483 Kota Jakarta bakal meriah. Sebanyak 73 kegiatan saat ini sudah disiapkan. Rencananya, pencanangan perayaan HUT Kota Jakarta akan digelar di Kawasan Kota Tua, tepatnya di Taman Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah pada Minggu (30/5/2010) mulai pukul 06.00. Sekitar 3.000-an orang akan meramaikan acara tersebut.

Dalam pencanangan nanti, berbagai kegiatan akan disuguhkan pada masyarakat Jakarta. Mulai dari marawis, barongsai, pelepasan balon berhadiah, hingga kegiatan taman bacaan. Selain itu ada pameran lingkungan dari BPLHD, stand bazar, lomba lukis anak TK, dan pertunjukan hiburan oleh artis-artis ibu kota.

Kepala Bidang Informasi Publik Diskominfo dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, mengatakan,  kegiatan yang digelar dengan meriah ini bisa menarik perhatian masyarakat sebanyak-banyaknya untuk datang. "Kita berharap acara ini bisa menarik perhatian masyarakat sebanyak mungkin," ujar Cucu kepada beritajakarta.com, Jumat (28/5/2010).

Cucu mengatakan, jumlah kegiatan dalam perayaan HUT DKI tahun 2010 ini mencapai 73 item dan akan berlangsung selama 1 bulan, yakni mulai dari 30 Mei hingga 30 Juni 2010. Berbagai jenis kegiatan itu, di antaranya Lari Maraton 10 kilometer, aksi bersih-bersih kali bersama komunitas Ciliwung, penggunaan busana Betawi secara bersama di lingkungan pegawai Pemprov DKI.

Selain itu, lomba renang antar pulau dengan Rute Pulau Panggang-Pulau Pramuka, Pesta Bahari di Kepulauan Seribu. Kemudian Festival Budaya Betawi di Hutan Kota Srengseng, donor darah, pernikahan massal 1.000 pasang, dan berbagai kegiatan lainya. Intinya, pihak panitia ingin membuat perayaan HUT DKI tahun ini semeriah mungkin.

Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta, Achmad Lutfi yang juga Sekretaris Panitia Perayaan HUT ke-483 Kota Jakarta, menjelaskan, dipilihnya kawasan Kota Tua dalam pencanangan HUT ke-483 DKI kali ini sekaligus untuk mempromosikan kawasan tersebut. Sebab tahun ini Pemprov DKI juga tengah mencanangkan Tahun Kunjungan Museum dan seperti diketahui, di Kota Tua terdapat sedikitnya lima museum yang layak untuk dikunjungi.

“Tema yang diambil dalam perayaan HUT DKI tahun ini adalah 'Dengan keberagaman kita bangun Kota Jakarta sebagai kota jasa yang ramah lingkungan'. Dengan tema tersebut tentunya kita berharap Jakarta bisa menjadi kota yang ramah terhadap lingkungan,” kata Lutfi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com