Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca Buku di Kota Tua Yuk!

Kompas.com - 30/05/2010, 11:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah perpustakaan keliling dan mobil internet keliling melayani minat baca pengunjung kawasan kota tua Jakarta pada hari pencanangan HUT DKI Jakarta, Minggu (30/5/2010).

Selain dapat membaca koleksi perpustakaan provinsi DKI Jakarta, pengunjung dapat membaca staatsblad atau lembar negara yang yang diarsipkan sejak 1816 hingga 1949. "Yang di sini merupakan kekayaan koleksi Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DKI, memori aset bangsa, peninggalan jaman penjajah, ada 25 lembar negara, bukunya ada 75 buku ditambah koleksi perpustakaan keliling," ujar panitia pencanangan HUT DKI, Eko Mardirianto, Minggu.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, sebagian besar rombongan keluarga singgah ke tenda-tenda yang disediakan panitia untuk membaca buku. Mereka membuka-buka koleksi perpustakaan seperti buku sejarah Jakarta, peta Jakarta, sejarah Kebun Binatang Ragunan Jakarta, Sejarah Kesenian Lenong Jakarta, atau biografi pelukis-pelukis Indonesia. "Intinya menumbuhkan minat baca masyarakat," imbuh Eko.

Selain itu, sejumlah anak-anak tampak menggunakan layanan mobil internet keliling yang disediakan panitia. "Gratis, ini mobil internet memang baru ya, masih uji coba, kita total punya 26 unit mobil internet dan perpustakaan," tambah Eko.

Pencanangan HUT DKI ke 483 ini bertema Pameran Jakarta Tempo Dulu. Dalam pencanangan HUT DKI tersebut, beberapa kegiatan seperti Marawis, Barongsai, pelepasan balon hadiah, pameran lingkungan dari BPLHD, bazar makanan dan seni, lomba lukis murid Taman Kanak-Kanak, dan panngung hiburan sejumlah artis ibu kota akan disuguhkan bagi pengunjung kota tua hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com