Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, 45 Persen Pengguna Narkoba Pelajar

Kompas.com - 04/06/2010, 15:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya mengungkapkan, sebanyak 45 persen dari jumlah total pengguna narkoba sekitar 300.000 orang pengguna di DKI Jakarta merupakan usia pelajar. Rata-rata pengguna duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

"Pelajar SMP dan SMA tercatat pengguna narkoba tertinggi, sedangkan murid sekolah dasar (SD) sedikit sekali," ucap Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Komisaris Besar Anjan P Putra seusai acara penandatanganan kesepahaman Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dengan Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta, Jumat (4/6/2010).

Dikatakan Anjan, untuk mengantisipasi penggunaan narkoba pada kalangan pelajar, Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta berencana memasukkan mata pelajaran penyalahgunaan narkoba ke dalam kurikulum.

Lebih lanjut, Anjan menuturkan, penandatanganan nota kesepahaman antara Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta meliputi pelatihan guru Bimbingan Konseling menjadi penyuluh pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap dan narkoba di lingkungan sekolah.

Kepolisian, kata Anjan, telah menyiapkan instruktur pelatihan terhadap guru sebanyak 20 orang, yang terdiri dari Polda Metro Jaya, Badan Narkotika Nasional, konselor, mantan pecandu dari panti rehabilitasi, dokter, dan psikologi. Rencananya, pelatihan guru itu berlangsung selama satu bulan sejak 4 hingga 26 Juni 2010 setiap Jumat dan Sabtu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com