Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.500 Peserta Meriahkan PRJ

Kompas.com - 07/06/2010, 19:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 2.500 peserta siap memeriahkan pelaksanaan Pekan Raya Jakarta yang akan digelar mulai tanggal 10 Juni hingga 11 Juli . Jumlah tersebut meningkat pesat dibandingkan peserta tahun 2009 lalu yang "hanya" sebanyak 700 peserta, sehingga tak heran jika penyelenggara pun terpaksa memperluas area penyelenggaraan.

"Luas area tahun ini 15-20 persen lebih besar dari tahun lalu. Area bertambah sekitar 100 ribu meter persegi, didalam dan diluar hall," kata Direktur Pemasaran PT Jakarta International Expo (JIEXPO) Ralph Scheunemann di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin.

Peserta pameran terdiri atas berbagai sektor industri termasuk pemerintah provinsi di seluruh Indonesia, pemerintah kabupaten/kota, badan usaha milik negara (BUMN), dan perusahaan-perusahaan nasional dan internasional lainnya. Festival Musik selama 32 hari nonstop juga disiapkan untuk menghibur pengunjung PRJ yang diramaikan puluhan penyanyi dan band musik papan atas seperti Agnes Monica, Kerispatih, Iwan Fals, ST 12, Boomerang, Gigi, Sheila on 7, Tha Changcuters, Dewa, Andra & Backbone, Maliq & D?essential, Netral, Padi, Slank, Ungu, Cokelat, Nidji, Naif dan Godbless.

Sedangkan kejutan untuk penampilan panggung tahun ini adalah hadirnya penyanyi internasional berkulit hitam asal Amerika Serikat Keith Martin yang terkenal dengan lagu hits-nya Because of You. Keith Martin direncanakan akan tampil pada 2 Juli bersama dengan penyanyi papan atas Indonesia Glenn Fredly.

"Kami secara khusus mengundang Keith Martin untuk menyanyi didepan para pengunjung. Dan tiket masuk PRJ saat pertunjukan Keith Martin tetap seharga Rp15.000. Tidak dinaikkan sama sekali. Dengan membayar tiket masuk, maka pengunjung bisa menonton aksi Keith," kata Direktur Pelaksana JIEXPO Budi Santoso.

Tiket masuk PRJ tidak dinaikkan dari tahun lalu atau sebesar Rp15 ribu pada Senin-Kamis dan Rp20 ribu pada Jumat-Minggu. Dengan tidak naiknya harga tiket masuk, Budi menargetkan acara tahunan itu akan dikunjungi 3,5 juta pengunjung atau rata-rata 100 ribu pengunjung setiap harinya.

JIEXPO juga menargetkan nilai transaksi jual beli seluruh peserta pameran di PRJ bisa mencapai besaran Rp3 triliun. Seluruh area yang dipergunakan untuk kegiatan ini sebanyak 44 hektar mencakup 13 zona pameran dan dilengkapi dengan fasilitas tempat parkir dengan kapasitas 9 ribu mobil dan 25 ribu sepeda motor.

Pemprov DKI, menurut Budi, akan menggunakan ajang itu untuk mengajak pengunjung sadar lingkungan dengan menanam pohon dan akan membagi-bagikan bibit pohon gratis kepada pengunjung untuk ditanam di halaman rumah antara lain rambutan, durian, mangga dan jambu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com