Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siang Ini, Wahidin Buka Festival Cisadane

Kompas.com - 16/06/2010, 08:15 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Selama sepekan ini, mulai Rabu (16/6) sampai Selasa (22/6), penduduk pinggiran Kali Cisadane, Benteng Makassar, Kota Tangerang akan menggelar Festival Cisadane. Festival ini akan dibuka oleh Wali Kota Tangerang Wahidin Halim pada pukul 13.00. "Sejak pukul 10.00, acara festival mulai digelar. Tetapi, secara resmi, acara ini baru akan dibuka pukul 13.00. Saya sendiri yang akan membukanya," kata Wahidin kepada Kompas, Rabu (16/6/2010).

Selama sepekan ini, dalam festival itu akan menampilkan tradisi perayaan Peh Cun atau Duan Wu, yakni menegakan telur di tengah terik mentari dan lomba kole-kole (perahu Naga). Selain itu, acara dimeriahkan dengan melepas bebek ke Kali Cisadane, hingga tarian Cokek kolaborasi. Kegiatan lain adalah Perlombaan Perahu Naga dan Perahu tradisional, yang diikuti para pedayung se-Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya.

Tradisi ini sudah dirayakan penduduk keturunan Tionghoa yang tinggal di pinggir Sungai Cisadane sejak puluhan tahun. Kini, tradisi yang dikemas dalam Festival Cisadane tidak hanya menampilkan tiga budaya khas Tionghoa itu.

Festival Cisadane memperlihatkan keragaman budaya Tangerang, sebuah kota yang dihuni pendatang dari Cina, Betawi, Jawa, serta kelompok etnis lainnya. "Keragaman inilah yang melahirkan kekayaan seni budaya serta ragam makanan khas," kata Wahidin.

Penyelenggaraan festival itu dilakukan Pemkot Tangerang bersinergi dengan sejumlah tokoh Tionghoa dari Boen Tek Bio. "Kami akan memberdayakan, melestarikan, dan mempertahankan tradisi Tionghoa. Inilah bagian terbesar dari sumbangsih warga dan pemerintah yang terus berkelanjutan," kata Wahidin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com