Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DKI Kembali Gelar Kampanye Kali Bersih

Kompas.com - 17/06/2010, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka peringatan hari ulang tahun kota Jakarta pada 22 Juni dan hari lingkungan hidup sedunia pada 5 Juni, Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar Kampanye Kali Bersih III dengan tema Stop Nyampah di Kali. Kegiatan yang akan dikoordinir oleh Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Pemprov DKI Jakarta ini akan digelar pada Minggu (20/6/2010).

Menurut Kabid Pelestarian dan Tata Lingkungan BPLHD DKI Jakarta, Rusman, kegiatan berupa kerja bakti massal dan sosialisasi kebersihan sungai ini akan dilakukan di Sungai Ciliwung, mulai dari perbatasan DKI Jakarta dengan Depok sampai ke Teluk Jakarta, Jakarta, Jakarta Utara, sepanjang 39 kilometer.

"Ini merupakan wujud kado kepedulian kita kepada kota Jakarta dalam ulang tahunnya kali ini. Sekaligus juga sebagai implementasi dari Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum pasal 21 mengenai larangan membuang sampah di sungai," kata Rusman dalam jumpa pers di Kantor BPLHD Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jakarta, Kamis (17/6/2010).

Rusman menjelaskan, dari pemetaan sungai Ciliwung terdapat sekitar 109 titik sampah yang bila tidak segera ditangani, kondisinya akan semakin memburuk. Sejauh ini, kata Rusman, telah ada 12 titik sampah di sungai Ciliwung yang sudah dan telah ditangani pembenahannya pada tahun ini. Pembenahan tersebut sebagian telah diselesaikan dalam kegiatan Kampanye Kali Bersih periode I dan II pada 21 Juni 2009 dan 21 November 2009.

"Ini juga wujud antisipasi rancangan Perpres tentang kualitas mutu air ciliwung, yaitu di segmen 5 mulai dari Depok sampai Manggarai, dalam 20 tahun ke depan harus memenuhi kelas II sebagai lokasi wisata air. Sementara segmen 6 dari Manggarai sampai Muara, harus memenuhi kelas III sebagai tempat kegiatan perikanan," ungkapnya.

Rusman menjelaskan, kegiatan kerja bakti ini akan mengajak seluruh warga Jakarta terutama yang tinggal di sekitar Ciliwung dengan dikoordinir oleh Lurah, Camat, dan Walikota di 75 Kelurahan yang dilintasi Sungai Ciliwung. "Mekanismenya nanti masyarakat diajak bersama-sama untuk membersihkan sampah-sampah di tepian Ciliwung. Dinas Kebersihan juga akan menyiapkan truk-truk untuk mengangkut sampah-sampah dari sungai untuk kemudian dibawa ke TPA Bantar Gebang," ujar dia.

Dari lokasi kegiatan Kampanye Kali Bersih III di sungai Ciliwung sepanjang 39 kilometer, Rusman mengatakan kegiatan bersih-bersih ini terutama difokuskan pada segmen 5 sungai Ciliwung, yakni dari perbatasan Depok-Jakarta hingga ke Manggarai. Menurutnya, bagian yang lebih ke hulu ini kondisinya lebih sulit karena masih berupa sungai di alam terbuka dan banyak terdapat bangunan-bangunan di bantaran sungai.

 

"Upaya-upaya sosialisasinya juga sudah dimulai hari ini dengan memasang berbagai spanduk di tingkat Kelurahan. Juga nantinya akan dilibatkan berbagai komunitas pecinta lingkungan serta partisipasi dari kalangan usaha," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com