Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penduduk Jakarta Diprediksi 9,6 Juta Jiwa

Kompas.com - 17/06/2010, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan, jumlah penduduk Jakarta mencapai 9,6 juta jiwa. Namun, angka tersebut belum dapat dirinci terhadap jumlah rumah tangga miskin, tenaga kerja, pengangguran, dan data lainnya. BPS DKI masih akan mengolah data dan informasi Sensus Penduduk 2010 yang dilakukan di Jakarta hingga akhir tahun ini. Kemudian, warga yang belum tersensus masih diberi kesempatan untuk memberikan data dan informasi melalui ketua RT masing-masing.

Kepala BPS DKI Jakarta Agus Suherman menegaskan, masa penyempurnaan data, informasi, dan penjangkauan warga Jakarta yang belum tersensus telah berakhir pada 15 Juni 2010. Secara otomatis, masa tugas 21.540 petugas sensus di enam wilayah DKI Jakarta telah selesai karena kegiatan sensus penduduk secara resmi telah dihentikan.

“Sejak 15 Juni lalu, semua petugas sensus sudah dihentikan melakukan kegiatan sensus. Hak-hak mereka juga sudah dibayarkan selama sebulan penuh. Seluruh atribut petugas sudah dikembalikan ke kami,” kata Agus Suherman di Jakarta, Kamis (17/6/2010).

Oleh karena itu, Agus mengingatkan warga Jakarta agar waspada jika ada oknum-oknum yang mengaku sebagai petugas sensus mendatangi rumah. Oknum tersebut dipastikan bukan petugas sensus yang dipilih BPS DKI. Oleh karena itu pula, jika menemukan hal tersebut, maka warga hendaknya segera melaporkan oknum tersebut ke pengurus RT atau aparat keamanan setempat.

Mengenai langkah selanjutnya, BPS DKI Jakarta akan melaksanakan pengolahan data dari dokumen sensus di enam wilayah DKI Jakarta. Waktu pengolahan data diberikan tenggat waktu oleh BPS Pusat hingga akhir tahun 2010. Rencananya, mulai Senin pekan depan, pengolahan data akan dimulai hingga akhir tahun 2010. Namun, angka sementara secara resmi dapat dikeluarkan pada awal Agustus mendatang. Saat ini jumlah penduduk DKI Jakarta diprediksi mencapai 9,6 juta jiwa.

Selama masa pengolahan data itu, BPS Pusat juga masih memberikan kesempatan bagi warga yang belum tersensus, baik pada waktu penyelenggaraan sensus penduduk 1-31 Mei maupun saat penyempurnaan data informasi sensus pada 1-15 Juni. Warga yang belum terdata wajib mengisi formulir data yang telah diserahkan kepada ketua RT setempat. Kesempatan ini akan berakhir pada akhir Juni 2010. Setelah itu, tidak ada lagi perpanjangan waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com