Rabu, 3 September 2014

News / Megapolitan

Pameran Flona Akan Jadi Agenda Tahunan

Jumat, 2 Juli 2010 | 22:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta akan memantapkan pameran Flora Fauna (Flona), di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, sebagai agenda unggulan tahunan kota Jakarta melalui peraturan yang lebih pasti. Hal tersebut demi memberikan kepastian kepada masyarakat, khususnya petani tanaman hias, tanaman buah, usaha agro bisnis, peternak, dan pedagang hewan peliharaan serta pedagang kuliner untuk memamerkan hasil kreasinya kepada masyarakat luas dalam ajang pameran ini.

Pasalnya selama ini, meski telah dilangsungkan secara rutin bertahun-tahun, namun belum ada aturan yang memastikan digelarnya pameran flona ini. Sehingga, masyarakat yang ingin menjadi peserta pameran masih ragu untuk menjadi peserta dan memamerkan hasil kreasi terbaiknya.

"Saya sudah bicara dengan Ketua DPRD DKI agar bisa dibuat suatu keputusan yang akan memantapkan kegiatan ini sebagai kegiatan tahunan. Suatu keputusan apa pun bentuknya mutlak diperlukan agar ajang ini bisa terus dipertahankan," kata Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, saat membuka Pameran Flora dan Fauna Jakarta 2010, Jumat (2/7/2010) sore.

Gubernur menyebutkan, pameran flona ini sudah menjadi ikon bagi kota Jakarta. Produk yang dipamerkan dalam ajang ini juga telah menjadi trend center sehingga memerlukan suatu pameran yang lebih pasti. Bahkan para pesertanya pun akan lebih bersemangat lagi untuk berkreasi, agar apa yang dihasilkan bisa dipamerkan dan menarik perhatian pengunjung.

Di mata gubernur, pameran flona ini memiliki banyak manfaat. Selain dapat menumbuhkan keinginan warga untuk mencintai lingkungan, juga menjadi ajang komunikasi antara produsen dan konsumen. Bahkan pada akhirnya juga akan meningkatkan nilai ekonomi. Karena apa yang dipamerkan membuat pengunjung tertarik untuk membelinya.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Chatarina Suryowati, mengungkapkan, dalam pameran flona kali ini ada kekhususan dibanding pameran tahun-tahun sebelumnya. Sebab selain menargetkan 500 ribu pengunjung, pihaknya juga akan menargetkan 1 juta pengunjung online melalui website www.jakflona.com. Melalui website tersebut, pengunjung bisa memperoleh informasi berbagai produk yang dipamerkan dalam pameran Flona 2010 di Lapangan Banteng.


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: