Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemenang JAA Pameran di New York

Kompas.com - 31/07/2010, 07:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak delapan orang pemenang kompetisi seni lukis internasional Jakarta Art Award (JAA) 2010 akan melakukan pameran di Wendt Galery, New York, Amerika Serikat. Hal ini merupakan suatu terobosan baru yang dilakukan Ancol Taman Impian dalam mengembangkan kesenian di Indonesia.

"Pemenang Jakarta Art Award akan dikirim ke New York dan dibuat pameran tunggal di sana. Ini juga atas dorongan Gubernur (DKI, Fauzi Bowo)" kata Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Budi Karya Sumadi, Jumat (30/7/2010) malam di Jakarta.

Ia mengungkapkan, terselenggaranya JAA 2010 yang berskala internasional ini juga untuk memperingati hari ulang tahun ke-483 Jakarta yang bisa menjadi momentum meningkatkan eksistensi dan kredibilitas kota ini sebagai barometer seni dan budaya.

"Sesuai dengan tema yang diusung, yaitu 'Reflection of Megacities', para pelukis dapat mengekspresikan denyut Kota Jakarta sebagaimana perupa dunia melukiskan kota Madrid, Roma, Paris," ungkapnya.

JAA 2010 merupakan sebuah kompetisi seni lukis tingkat internasional yang diadakan dua tahun sekali sejak tahun 2006. Di tahun ini, panitia menerima 2.500 karya yang masuk, baik dari pelukis nasional maupun internasional. Hasil karya terbaik JAA 2010 diraih oleh Putu Wirantawan asal Bali dengan judul karya The Wandering Soul III.

Pemenang berhak atas trofi dan uang tunai sebesar Rp 75 juta. Tahun ini, total hadiah yang dibagikan panitia adalah Rp 300 juta. Sebanyak 83 karya finalis juga akan dipamerkan pada 30 Juni-30 Juli 2010 di Galeri North Art Space (NAS), Pasar Seni Ancol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com