Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, TPU Penuh Sesak

Kompas.com - 08/08/2010, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mengingat hari Minggu (8/8/2010) ini adalah akhir pekan terakhir menjelang bulan Ramadhan, ribuan peziarah dari Jabodetabek mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Sepanjang pemantauan Kompas.com, tampak kemacetan panjang mewarnai Jalan Penjernihan I, baik dari arah Tanah Abang menuju Slipi maupun sebaliknya. Kemacetan terjadi akibat banyaknya kendaraan peziarah yang parkir serong di sepanjang jalan sekitar pemakaman Karet Bivak.

Menurut Bayu (38), peziarah asal Tanah Abang, datang lebih pagi ke TPU sangat dianjurkan karena kemacetan di sekitar makam selalu terjadi menjelang puasa, terutama pada Minggu siang. "Saya dan keluarga tiba jam 09.00 WIB agar tak kena macet, mudah dapat parkir dan kami bisa masuk ke area makam," kata Bayu.

Hal ini juga diamini peziarah asal Tangerang, Minah (43). Menurut ibu beranak tiga ini, banyaknya pengunjung makam sebelum puasa ini cukup wajar mengingat menyekar sebelum berpuasa sudah menjadi sebuah tradisi tahunan.

Meski begitu, seorang pengunjung lain, Liana, berharap pengelola TPU bersama aparat kepolisian bisa mengatur parkir kendaraan dengan baik. "Saya mengeluhkan ada mobil dan motor yang masuk area makam dan parkir di dalam. Ini akan mengganggu ketenangan ahli kubur dan kedatangan para peziarah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com