Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gambir Tak Jual Tiket di Hari Keberangkatan

Kompas.com - 13/08/2010, 18:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Demi menghindari penumpukan penumpang saat mudik Lebaran, Stasiun Gambir tidak akan menjual tiket langsung pada hari keberangkatan calon pemudik. Calon pemudik diharapkan membeli tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan tiba karena ketetapan ini akan mulai diberlakukan untuk angkutan Lebaran tahun ini.

“Agar penumpang tidak menumpuk, PT KAI menetapkan untuk tidak menjual tiket langsung pada hari keberangkatan calon pemudik,” terang Mateta Rijalulhaq, humas PT KA Daop I Jakarta, saat ditemui Kompas.com di Stasiun Jakarta Kota, Jumat (13/8/2010).

Menurut Mateta, banyak calon pemudik yang yakin akan mendapatkan tiket dengan membeli pada hari keberangkatan. Berdasarkan pengalaman dari tahun ke tahun, calon pemudik yang tidak mendapatkan tiket akan menumpuk di stasiun. Menghadapi hal ini, PT KAI tidak mau dianggap menelantarkan calon penumpang.

Mateta berharap, ketetapan ini dapat mengikis sikap instan calon pemudik. “Ketetapan ini bertujuan agar calon pemudik belajar tertib dan penuh persiapan bila hendak mudik. Calon pemudik lebih baik jangan suka mendadak,” lanjutnya.

Sampai saat ini, tiket untuk kereta eksekutif keberangkatan tanggal 4-9 September sudah habis. Adapun kereta tambahan akan ditambah sebanyak satu sampai 2 kereta dari masing-masing perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

PT KAI juga telah mempersiapkan pengamanan secara internal dan eksternal dalam melayani calon pemudik. Apabila ada penumpang yang kedapatan menumpang secara ilegal, maka ia akan mendapatkan sanksi denda, diturunkan di stasiun selanjutnya, dan bisa juga ditindak oleh polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com