Jumat, 31 Oktober 2014

News / Megapolitan

Kuliner

Inilah Menu Berbuka Puasa di Benhil

Sabtu, 14 Agustus 2010 | 09:32 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Bingung memilih menu untuk berbuka puasa nanti. Datang saja ke Pasar Benhil, Jakarta Pusat. Jika Anda penikmat masakan bercita rasa tradisional, di sana Anda akan menemukan beragam jenis dan pilihan kuliner tradisional. Mulai dari menu pembuka seperti makanan ringan bercita rasa manis hingga menu utama dengan cita rasa pedas, asin, dan sebagainya.

Soal harga, Anda pun tak perlu khawatir untuk merogoh kocek terlalu dalam. Sebab, harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000.

Dari sekian banyak lokasi berburu makanan untuk berbuka puasa di Jakarta, sejak dulu kawasan Pasar Benhil merupakan salah satu tempat favorit warga Jakarta untuk mencari menu berbuka puasa hingga menu utama setiap hari.

Salah satu makanan yang cocok untuk berbuka puasa yang dijajakan di Pasar Benhil di antaranya, es mutiara yang terbuat dari sagu dicampur dengan pemanis buatan. Selain itu, beragam jenis kolak yang tentu tidak asing lagi bagi Anda juga ditawarkan di kawasan ini.

Untuk menu utama, anda mungkin bisa mencoba gado-gado, pepes ikan peda, pepes bandeng hingga masakan khas Padang pun tersedia di sini. Selain itu, masakan tradisional seperti Lemang juga bisa dijumpai di tempat ini.

”Kalau yang saya jual yang paling laku es mutiara sama kolak pisang, harganya lima ribu per porsi. Tiap hari bisa sampai 90 porsi yang terjual. Belum lagi menu lainnya berupa goreng-gorengan dan lontong,” ujar Eni (46), salah seorang penjaja makanan di kawasan Pasar Benhil, Jumat (13/8/2010).

Selain menu di atas, Eni juga menjual kue yang disebutnya roket mami atau risoles yang dicampur dengan keju. Satu roket mami dijual seharga Rp 12.000.

Eni juga mengaku, perputaran uang antara Rp 700.000 dan Rp 1,5 juta per hari. Soal pendapatan, dibanding tahun lalu, dia mengaku penjualannya saat ini mengalami sedikit peningkatan.

Rian (32), salah seorang pengunjung Pasar Benhil mengaku, sepulangnya dari kantor selama Ramadhan dia selalu menyempatkan diri mengunjungi Pasar Benhil untuk membeli makanan berbuka puasa.

“Saya hampir setiap hari beli makanan di sini untuk berbuka, makanannya enak dan banyak pilihannya,” ungkap Rian yang juga bekerja di sekitar kawasan Pasar Benhil.


Editor : Hertanto Soebijoto
Sumber: