Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTP Keliling Terkendala Jaringan

Kompas.com - 14/08/2010, 15:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski berada di bulan Ramadhan, pelayanan KTP keliling Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Utara tetap berjalan seperti biasa.

Sayangnya, pelayanan yang digelar di Sekretariat RW 03, Komplek TNI-AL Kelapa Gading Barat, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, sempat terkendala lambatnya jaringan komputer. Akibatnya, warga yang telanjur datang harus digiring ke kantor Kelurahan Kelapa Gading Barat untuk proses input data. Beruntung, akhirnya 268 warga setempat bisa terlayani pelayanan dadakan tersebut.

Santoso (70), pensiunan POMAL mengaku sangat terbantu dengan adanya pelayanan KTP keliling. Hanya saja, dia menyayangkan perangkat jaringan yang seharusnya bekerja optimal, justru bekerja dengan lambat.

"Seharusnya pelayanan didukung oleh perangkat jaringan yang sudah mantap, jangan error seperti ini," kata Santoso, warga Penyengat II/57, RT 07/03, Kelapa Gading Barat, Sabtu (14/8/2010).

Namun, Santoso tidak kehilangan akal. Momentum lambatnya jaringan komputer dimanfaatkannya sebagai ajang silaturahmi dengan sesama rekan-rekannya di TNI AL dulu.

"Saya sudah sepuluh tahun tidak bertemu dengan teman saya. Dengan adanya pelayanan KTP keliling, saya dapat dipertemukan lagi," ujar pensiunan TNI AL dengan pangkat terakhir Pembantu Letnan Satu (Peltu) ini.

Letkol (Purn) Hendra Purnama (70), mengaku datang ke pelayanan KTP keliling untuk mengganti Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP-nya. Pesiunan TNI yang juga menjadi dosen di UPN Veteran Jakarta itu, meminta pelayanan KTP keliling juga dilakukan di setiap RW.

"Pelayanan yang dilakukan cukup baik. Alangkah baiknya pelayanan KTP juga dilakukan pada setiap RW di seluruh DKI Jakarta," kata warga Jalan Pulo Bangka 10, RT 14/03, Kelapa Gading Barat itu.

Kasudin Dukcapil Jakarta Utara, Edison Sianturi ditemui di lokasi pelayanan KTP keliling mengatakan, di bulan puasa ini warga tetap antusias dengan pelayanan perpanjangan KTP dan penggantian NIK. Kegiatan pelayanan KTP keliling di Jakarta Utara ini sudah masuk putaran yang ke-32.

"Sudah ada 1.800 lebih KTP yang diselesaikan dalam program KTP keliling ini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com