Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jemaat HKBP Ibadah Sebelum ke Istana

Kompas.com - 15/08/2010, 12:05 WIB

BEKASI, KOMPAS.com - Jemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pondok Timur, Bekasi, Minggu (15/8/2010) siang ini akan menggelar ibadah di depan Istana Merdeka, Jakarta, sebagai tuntutan hak kebebasan beribadah. Sebelumnya, sejak pagi tadi, mereka juga menggelar ibadah di Pondok Timur sebelum akhirnya bergerak menuju Istana Merdeka.

Sekitar 500 jemaat HKBP menggelar ibadah dipimpin Pendeta Purba dan Pendeta Luspida Simanjuntak. "Ya, tadi kita sempatkan ibadah Mingguan dulu di sini. Nanti, setelah ini kita juga akan ke depan Istana Merdeka untuk bergabung dengan teman-teman lintas agama di sana," kata Saor Siagian selaku advokat jemaat HKBP kepada Kompas.com, di Pondok Timur, Bekasi.

Menurut Saor, ratusan jemaat HKBP dalam ibadah pagi tadi juga memanjatkan doa demi kelangsungan kemerdekaan memeluk agama dan menjalankan ibadah bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Dia mengharapkan, dengan aksi di depan Istana Merdeka bersama berbagai elemen lintas agama, pemerintah bisa bersikap tegas dan menjamin hak konstitusional warganya untuk menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

"Kami juga meminta agar pemerintah tegas dan memproses hukum siapa saja yang melakukan kekerasan kepada umat beragama," kata Saor.

Saat berita ini diturunkan, ratusan jemaat HKBP sudah menyelesaikan ibadah dan bersiap menuju Istana Merdeka, Jakarta. Saor mengatakan seluruh jemaat akan ikut berangkat menggunakan lima buah bus. "Nanti, di sana kita akan bergabung dengan elemen-elemen lain. Aksi dan ibadah akan dipimpin oleh tim di sana," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com